Tips
13 Khasiat Baking Soda untuk Kecantikan Kulit

11 Jul 2017


Foto: Pixabay

Resep kecantikan bisa datang dari mana saja—bahkan dari dapur! Tahukah Anda kalau ternyata baking soda juga punya banyak manfaat untuk merawat kecantikan? Yuk, simak khasiat baking soda berikut ini.

1/ Membersihkan Wajah
Buat pasta tebal dari 2 sdt baking soda dan 1 sdt air hangat. Bersihkan wajah terlebih dulu, kemudian oleskan pasta tadi dengan gerakan berputar yang lembut. Bilas dengan air hangat.

2/ Membasmi Jerawat
Bubuhkan pasta baking soda ke area berjerawat untuk mengeringkan jerawat. Baking soda juga ampuh menghilangkan komedo.

3/ Pengelupas Kulit
Baking soda merupakan exfoliator yang baik dan lembut. Tambahkan 1 sdt baking soda sebagai pembersih, pijat wajah dengan lembut untuk meluruhkan sel-sel mati.

4/ Menghaluskan Tangan dan Siku
Campur baking soda dalam air atau sabun cair, kemudian gosokkan pada tangan atau siku untuk menghaluskan kulit kasar dan sekaligus memutihkannya.

5/ Menghaluskan Kaki
Rendam kaki dalam sebaskom air hangat yang sudah dicampur 3 sdm baking soda. Rendam selama setengah jam untuk menghilangkan kotoran yang menempel dan untuk melembutkan kulit kaki.

6/ Perawatan Kuku
Celupkan sikat kuku ke dalam baking soda. Gosokkan pada kuku untuk melembutkan kutikula dan membersihkan kotoran di bawah kuku.

7/ Pigmentasi Kulit
Rendam kain bersih dalam baking soda dan air untuk membuat kompres. Basuh pada kulit yang terbakar matahari untuk meringankan iritasi dan gatal akibat paparan matahari.

Pastikan tidak menggunakannya di kulit yang sedang mengelupas atau terluka.

8/ Masker Wajah
Buat pasta baking soda dengan campuran oatmeal , madu, dan air secukupnya. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.

9/ Scrub
Campur 3 cangkir baking soda dengan 1 cangkir air dan 1 cangkir oatmeal. Gosok dengan gerakan melingkar ke seluruh tubuh untuk mengangkat sel kulit mati. Bilas dengan air hangat.

10/ Deodoran
Campur 4 sdm baking soda dengan 10 tetes minyak esensial favorit. Aplikasikan di ketiak dan gosok perlahan.

11/ Cooler
Campur 1 sdm baking soda dalam segelas air untuk menenangkan kulit setelah bercukur. Pasta ini akan mendinginkan kulit dan juga melembutkannya.

12/ Rambut
Tambahkan 1 sdt baking soda ke dalam botol sampo untuk menghilangkan masalah rambut berminyak.
Untuk yang berambut kering, taburkan sedikit baking soda, lalu sisir untuk mempertahankan kemilau rambut.

13/ Penetral Asam
Tambahkan setengah cangkir baking soda ke dalam bathtub saat berendam untuk menetralkan asam di kulit. Relaks dan kulit terasa halus—pastinya. (f)


Baca Juga:
5 Langkah Mudah Memasang Kuku Palsu
4 Manfaat Alpukat untuk Kulit Wajah Anda
Kuku Tampak Indah Dengan French Manicure


Fiqi Banafsaji


Topic

#bakingsoda, #tipcantik

 

polling
Produk Kosmetik Favorit

Sebagai wanita, kita tidak bisa dipisahkan dari produk kecantikan. Nggak heran, deh, kita sulit menahan diri ketika melihat produk terbaru.

Produk kosmetik apa yang paling sering Anda beli meski belum habis?