Trending Topic
Wanita Bisa Jadi Pemimpin!

8 Mar 2017


Foto: AL

Identitas kita akan dikenal dari karya dan prestasi—baik di lingkungan kerja maupun keluarga. Bahkan lebih jauh lagi, wanita juga ingin mendapatkan kesempatan yang sama sebagai pemimpin. Semangat inilah yang diusung oleh Women at Accor Generation (WAAG) di jaringan AccorHotels untuk mendukung kesetaraan gender dan mengatasi stereotip gender.

Tepat di Hari Wanita Sedunia atau International Women’s Day (IWD) yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2017 ini, karyawan wanita hotel Novotel dan Ibis Jabodetabek yang tergabung dalam WAAG berkumpul di Hotel Novotel Mangga Dua Square Jakarta. Sesi sharing ini menghadirkan Pemimpin Redaksi dan Pemimpin Komunitas femina, Petty S. Fatimah dan Eksi Ayuningtyas, GM Ibis Jakarta Cawang sekaligus New Champion of WAAG untuk berbagi pengalaman.

“Wanita first jobber cukup banyak, tapi setelah 5-10 tahun bekerja jumlahnya berkurang sekitar 20% di bursa kerja. Hal ini disebabkan wanita mulai berencana untuk menikah, berkeluarga, dan memiliki anak,” ungkap Petty. Namun, sebenarnya wanita punya kemampuan multitasking seperti yang selalu dibahas oleh femina. Sempat ingin jadi ilmuwan, Petty pun bercerita perjalanannya menjadi jurnalis.

“Sebelum bekerja di majalah, saya pernah menjadi penyiar radio, MC, juga penulis naskah. Dari situ saya jadi tahu bahwa sebenarnya banyak hal yang bisa digali dan dikerjakan. Dalam berkarier kita memang tidak bisa membuat rencana yang terlalu ketat. Jumlah wanita yang menjadi jurnalis semakin banyak. Karena wanita punya kemampuan untuk menghadapi tantangan,” tegas Petty.


 
Salah satu tantangan di dunia kerja adalah kesenjangan gender. Hal ini berusaha diatasi oleh AccorHotels lewat WAAG yang ingin mendorong wanita agar terus berprestasi dan mengejar mimpinya untuk mencapai posisi karier hingga ke level manajerial.

“Wanita harus bisa bermetamorfosis, dia bisa 'menjadi kupu-kupu atau singa'. Selama berani mengangkat tangan dan fokus maka kesempatan akan terbuka. WAAG akan membantu wanita karier di Accor untuk mendapatkan promosi tanpa kesenjangan gender. Wanita dianugerahi fisik yang berbeda dari pria, tapi meskipun sedang hamil tetap bisa bekerja. Tinggal menyelaraskan antara karier dan keluarga,” kata Eksi.

Ingin membuat perubahan sesuai tema “Be Bold for Change” IWD 2017? Berikut empat tip yang bisa kita praktikkan di kantor agar lebih maksimal bekerja dan masih punya waktu bagi keluarga:

1/ Jangan pernah puas
Meskipun sudah mencapai level karier tertentu, kita juga harus terus mengasah kemampuan dan meng-update pengetahuan agar selalu berkembang.

2/ Punya etika kerja dan disiplin
Sukses akan datang bila kita memanfaatkan kemampuan diri secara total. Tidak ada promosi jika kita sendiri tidak mau berusaha ekstra keras. Jangan pernah menjadi manusia yang ordinary, harus extraordinary!

3/ Belajar dari kesalahan
Semua orang pernah berbuat salah, tapi kita harus belajar mengevaluasi diri dan belajar dari kesalahan tersebut. Kalau bisa diperbaiki, segera perbaiki. Tidak perlu berpikir kita menjadi loser karena suatu kegagalan. Gunakan motto “life is too short to worry, next time better”.

4/ Semua butuh proses
Meski kita berambisi untuk mencapai puncak karier, jangan terlalu memaksakan diri karena kita akan frustrasi sendiri. Berikan waktu kepada diri sendiri untuk berkembang.

Selamat hari wanita sedunia dan terus berkarya! (f)
 
Baca juga:
Menyambut International Women’s Day, Berikut 32 Wanita yang Menginspirasi Versi Twitter
International Women’s Day 2017, Berani Melakukan Perubahan?
Apakah Kesetaraan Gender di Indonesia Sudah Tercapai?


Alice Larasati


Topic

#isugender, #internationalwomensday

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.