Trending Topic
Tip Hemat Saat Ikut Pesta Diskon Harbolnas

10 Dec 2018


Foto: Pexels
 
 
Ya, saat ini siapapun yang gemar belanja online sedang menanti-nanti tanggal 12 Desmeber (12/12), hari pesta belanja online nasional (harbolnas). Sebagian orang sudah jauh-jauh hari menyiapkan anggaran untuk menyambutnya.

Meski begitu, Anda tetap harus memiliki keteguhan hati untuk bisa survive di tengah kehebohan dan kegilaan belanja online hari itu. Inilah tip yang bisa Anda terapkan:
 
Daftar Belanja, Dan Cek Lagi
Salah satu hal terburuk yang bisa menimpa Anda adalah belanja membabi-buta karena Anda tidak memiliki daftar belaja. Yap, membuat daftar belanja ala ibu-ibu zaman dulu bila ke pasar hingga sekarang masih relevan ketika Anda menghadapi layar monitor . Shopping tanpa daftar barang-barang yang Anda perlukan terbukti akan membuat Anda lepas control karena begitu dilihat sekilas, Anda merasa membutuhkan barang tersebut. Padahal, bila dipikir ulang, Anda  sama-sekali tidak membutuhkannya. Tapi, ketika sedang dalam kehebohan, siapa yang sanggup memikir ulang setiap barang yang dibeli?
 
Belilah Barang Kebutuhan Rumah Sehari-hari
Membeli sepatu atau tas saat harbolnas memang banyak dilakukan orang. Namun, salah satu tip yang bisa menghemat keuangan Anda ke depan adalah membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari dalam jumlah banyak. Karena itu, jangan lupa mengintip barang-barang seperti tisu, sabun cuci, sabun mandi atau pasta gigi. Anda bisa menyimpannya untuk kebutuhan beberapa bulan ke depan.
 
Banding-bandingkan Harga
Setelah Anda selesai membuat daftar belanja barang-barang yang benear-benar Anda butuhkan, dan setelah dibaca dan dipikir ulang, Anda sudah benar-benar yakin membutuhkan barang tersebut, maka Anda harus mulai browsing untuk meneliti benefit yang ditawarkan masing-masing toko online atau marketplace yang akan menjadi tujuan Anda belanja. Misalnya, marketplace A memberikan kebijakan free shipping. Marketplace B memberikan menerima voucher-voucher diskon ini itu. Mungkin dari perbandingan, harga satu barang di sini dan di sana tidak jauh berbeda, tapi Anda kan tidak belanja satu barang bukan? Bila diakumulasi, dari kecil-kecil Anda akan menghemat yang cukup signifikan.
 
Beredar Di Sosial Media
Masih ada dua hari lagi, maka mulailah menyiapkan diri dengan ‘beredar’ di akun sosial media resmi brand-brand yang Anda incar dan marketplace yang menjadi tujuan Anda belanja. Barang apa saja yang akan mereka lego dan berapa besar potongan yang mereka berikan, bisa mulai Anda daftar.
 
Kebijakan Pengembalian Barang
Di masa-masa pesta diskon ini retailers biasanya memiliki kebijakan khusus mengenai return policy. Sebagian memilih tegas, bahwa tidak menerima pengembalian barang karena barang-barang diskon memang seringkali tidak diberikan kebijakan pengembalian barang. Meski begitu, ada juga yang masih bisa menerima pengembalian barang. Karena itu, sebelum membeli, pelajari dulu kebijakan yang mereka terapkan, dan jangan lupa simpan struk belanja Anda karena bisa saja akan Anda perlukan di kemudian hari. (f)


Yoseptin Pratiwi


Topic

#harbolnas, #shopping, #tipbelanja