Trending Topic
Terinspirasi Atlet Amerika Ibtihaj Muhammad, Barbie Berhijab Pertama Di Dunia Dirilis

11 Dec 2017


Foto: Twitter/IbtihajMuhammad

Boneka Barbie semakin memperluas variasi pilihan bonekanya. Setelah merilis boneka berkulit warna, bermata sipit, berambut ikal, juga bertubuh plus size, kini produsen Barbie, Mattel, resmi merilis Barbie yang menggunakan hijab untuk pertama kalinya.

Barbie berhijab ini terinspirasi sekaligus mengambil model dari atlet Amerika pertama yang berlaga di Olimpiade sambil mengenakan hijab, Ibtihaj Muhammad. Wanita kelahiran 4 Desember 1985 tersebut meraih medali perunggu dari cabang olahraga anggar pada Olimpiade Rio 2016 lalu. Ibjtihad telah mengenakan hijab sejak kecil dan memilih menekuni anggar pada usia 13 tahun karena pakaian olahraganya yang tertutup.

Baca juga: Ibtihaj Muhammad Angkat Pedang untuk Bela Hak Wanita

Melalui Twitternya, Ibtihaj ungkapkan kebanggaan dirinya dijadikan model Barbie berhijab. “Terima kasih Mattel, telah mengumumkan saya sebagai anggota terbaru keluarga Barbie Shero! Saya bangga mengetahui bahwa anak-anak perempuan di mana pun bisa bermain dengan Barbie yang  mengenakan hijab! Impian masa kanak-kanak yang menjadi kenyataan.”

Boneka Barbie berhijab ini dibuat mirip dengan Ijtihaj yang mengenakan pakaian anggar, termasuk penutup muka dan pedang, mengenakan sepatu olahraga dan hijab.

Ibtihaj pun berharap Barbie ini bisa menginspirasi para wanita muda untuk berani menampilkan apa yang membuat mereka unik. Dari BBC.com, dirinya bercerita tentang perasaannya tentang kisah hidupnya selama ini, bahwa sebagai seorang wanita Muslim yang menjadi atlet anggar, selalu ada orang-orang yang tidak menyukainya karena latar belakangnya.
 

(Ibtihaj juga merancang pakaian Barbie dengan busana dari brand fashion LOUELLA)

“Dia (boneka ini) adalah seorang Barbie yang memiliki kekuatan mengeluarkan dan menggunakan pedang panjang serta mendedikasikan waktu bertahun-tahun untuk meraih impian mendapat medali Olimpiade. Untuk semua orang yang tidak percaya pada saya, boneka Barbie ini untuk Anda,” ucapnya.

“Ibtihaj adalah inspirasi bagi banyak wanita yang seringkali merasa tidak terwakilkan, dan dengan memberikan penghormatan pada kisahnya, kami berharap boneka ini mengingatkan para wanita tadi bahwa mereka bisa menjadi apa pun dan melakukan apa saja,” sebut Vice President of Global Marketing Barbie, Sejal Shah Miller, dilansir dari CNN.com.
 
Barbie berhijab ini merupakan bagian dari koleksi berjudul “Shero”, yang diluncurkan perusahaan pembuat Barbie, Mattel, pada tahun 2015. Sejak saat itu, Mattel juga telah meluncurkan Barbie yang terinspirasi dari figure publik seperti atlet senam Olimpiade Gabby Douglas, model plus size Ashley Graham, ballerina Misty Copeland, sutradara Ava DuVernay, dan aktris Zendaya.

Barbie Ibtihaj pertama kali dipamerkan ke publk pada acara konferensi Glamour's Women of the Year pertengahan November lalu dan akan mulai dijual pada tahun 2018.(f)


Baca juga:
Tubuh Baru Barbie
Gaya Stylish Barbie di Instagram



 


Meiranie Nurtaeni


Topic

#barbieberhijab, #ibjtihadmuhammad

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.