Trending Topic
Singapura Mengajak Indonesia Mewujudkan Impian Menjadi Nyata

10 Sep 2017


Setelah diluncurkan secara global pada tanggal 24 Agustus lalu di Singapura, brand destinasi baru Singapore Tourism Board (STB), Singapore – Passion Made Possible, pun diluncurkan secara khusus di Indonesia, Rabu (6/9). Peluncuran ini dilakukan karena wisatawan Indonesia selalu menempati urutan teratas jumlah wisatawan yang berkunjung ke Singapura. Pada tahun 2016, jumlah turis Indonesia ke Singapura menempati urutan pertama dengan total 2.894.000 pengunjung, atau meningkat 6% dari tahun 2015. Sedangkan ada enam bulan pertama tahun 2017, pengunjung Indonesia telah meningkat 4% dari tahun sebelumnya.

(Baca juga: Memajukan Pariwisata dengan Prinsip “Live Like Locals”)

Hal ini juga yang membuat Indonesia menjadi salah satu negara pertama, di antara 15 negara lainnya, yang menjadi tuan rumah peluncuran brand baru tersebut, dalam 3 bulan ke depan.

Sebagai negara terdekat, Singapura memang jadi tujuan utama warga Indonesia yang ingin melakukan liburan. Oleh karena itu, Area Director, Indonesia, Singapore Tourism Board, Raymond Lim, mengungkapkan adalah tugas berat baginya mengajak masyarakat Indonesia yang sudah akrab sekali dengan Singapura untuk mau kembali mengunjungi Singapura.

Maka brand destinasi baru berupaya tidak hanya mengajak masyarakat Indonesia mengunjungi Singapura, tapi juga melakukan hal-hal yang berkaitan dengan passion mereka di negera tersebut.

“Saat ini konsumen semakin didorong oleh passion dalam membuat keputusan untuk traveling. Selain atribut fungsional seperti keamanan dan efisiensi yang kebanyakan orang Indonesia sudah ketahui, kami ingin membangun hubungan yang lebih dalam dan personal antara Singapura dan para pengunjung dari Indonesia,” kata Executive Director, South East Asia, Singapore Tourism Board, Edward Koh.

Melalui brand baru ini, maka, masyarakat di Indonesia yang berkunjung ke Singapura, tidak hanya, misalnya belanja, tapi juga menjadi kolektor (Collector) memburu barang-barang yang diinginkan. Jika anda pencinta kuliner, jangan hanya sekadar makan, tapi menjadi foodie yang mencoba dan mencari tahu sebuah pengalaman kuliner. Aktivitas lain yang ditawarkan yaitu, penjelajah (explorer), penyuka sosialisai (socialize), penggiat seni (culture shaper).

Beberapa kolaborasi pun dilakukan antara Singapura dan Indonesia untuk menyebarkan gaung “Singapore – Passion Made Possible”. Dua seniman mural wanita Indonesia, Bunga Fatia dan Karina Deagusta, berkolaborasi dengan seniman street art popular Singapura, Ceno2, untuk membuat sebuah karya seni mural.

Karya mural di Singapura kini sedang digandrungi untuk dikunjungi wisatawan. Keistimewaan mural di Singapura adalah setiap mural yang dibuat harus mendapat izin, sekaligus gambarnya memiliki makna khusus. Dengan goresan dari Bunga dan Karina—bersama Ceno2—artinya sekali lagi Indonesia  “meninggalkan” jejak karya anak bangsanya di negara tetangga. Karya Bunga, Karina, dan Ceno2 tersebut bisa dilihat di area Kampong Glam, tepatnya dekat Vintage Camera Museum.

“Dengan melihat mural tersebut, orang Indonesia yang berkunjung ke Singapura akan merasa memiliki hubungan khusus dan bisa menjadi tempat foto yang menarik,” sebut Raymond.

Selain itu, bersamaan dengan diluncurkan brand destinasi baru ini, STB Indonesia juga telah menunjuk brand ambassador terbarunya, yaitu keluarga selebritas Gading Marten, Gisella Anastasia, dan putri mereka, Gempita. Bagi Gading dan Gisella yang hadir pada peluncuran brand baru tersebut, Singapura dilihat sebagai tempat yang dapat memenuhi passion dan aspirasi personal mereka, terutama ketika mereka traveling sebagai keluarga yang memiliki anak yang aktif.

Peluncuran brand destinasi baru STB ini pun memiliki momentum yang tepat, sebab dilakukan ketika Indonesia dan Singapura tengah merayakan 50 tahun usia hubungan diplomatik kedua negara. Semoga hubungan Indonesia semakin erat!(f)


Topic

#traveling, #singapura

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?