Trending Topic
Setelah Menang di SAG 2019, Black Panther Diprediksi Menang Oscar

29 Jan 2019


Foto: Dok. Instagram @sagaftra

 

Screen Actor Guild (SAG) Awards ke 25 mengumumkan daftar lengkap pemenang setiap kategori pada Senin (28/1/2019). Salah satu ajang penghargaan bergengsi bagi insan perfilman Hollywood ini berlangsung di Shrine Auditorium, Los Angeles, California, Amerika. Dalam acara yang dipandu oleh Megan Mullally ini, film produksi Marvel Studio, Black Panther berhasil keluar sebagai pemenang utama dengan menyabet piala Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture.

Dalam hal ini Black Panther unggul dari empat film lainnya yang masuk dalam nominasi yaitu A Star is Born, BlackkKlansman, Bohemian Rhapsody, dan Crazy Rich Asians. Bahkan dalam ajang ini Black Panther juga memenangkan kategori Outstanding Performance by Stunt Ensemble mengalahkan film-film besutan Marvel lainnya, yaitu Ant-Man and The Wasp dan Avengers: Infinity war serta dua nominator lainnya The Ballad of Buster Scruggs dan Mission Impossible.

Kemenangan film senilai 200 juta dolar AS yang dibintangi Chadwick Boseman ini membawa warna baru diajang penghargaan film dunia, mengingat film-film superhero jarang sekali mendapatkan perhatian khusus di ajang penghargaan bergengsi.

Kerja keras para aktor dan kru film Black Panther yang telah menampilkan adegan-adegan terbaik terbayar sudah. Sang sutradara, Ryan Coogler berhasil mengambil seluruh potensi pemain dengan mengisahkan keberagaman suku dan keluarga kerajaan di Wakanda.

Menurut Boseman, seperti dilansir AP News, film ini menciptakan sebuah dunia yang ingin kita lihat (tanpa kesenjangan rasial), mengingat film ini menjadi film Hollywood yang didominasi oleh aktor dan aktris berkulit hitam. Sesuatu yang cukup jarang terjadi dalam industri film Hollywood. Bahkan menghasilkan pendapatan global 1,3 miliar dolar AS.

Melalui dua kemenangan tersebut, diprediksi Black Panther akan memenangkan kategori Best Picture di Oscars. Pasalnya, sejak memulai penghargaan ini pada 1995, dari 23 pemenang kategori Best Ensemble di SAG Awards, 11 di antaranya memenangkan Best Picture di Oscars. Meskipun, tidak selalu Oscars dan SAG punya selera yang sama. 

Tak hanya Black Panther yang berjaya di SAG 2019, film The Marvelous Mrs. Maisel juga memenangkan semua trofi untuk seri komedi setelah Rachel Brosnahan dan Tony Shalhoub masing-masing menang dalam kategori Outstanding Performance by a Female Actor in a Comedy Series dan Outstanding Performance by a Male Actor in a TV Movie or Limited Series, serta memenangkan Outstanding Performance by an Ensemble in a Comedy Series

Selain itu, Rami Malek melalui Bohemian Rhapsody berhasil memenangkan penghargaan untuk kategori Outstanding Performance by a Male Actor in a Leading Role in a Motion Picture, disusul Glenn Close sebagai pemenang Outstanding Performance by a Female Actor in a Leading Role in a Motion Picture lewat film The Wife. Sedangkan Sandra Oh berhasil merebut trofi Outstanding Performance by a Female Actor in a Drama Series lewat serial drama Killing Eve. (f)


Baca Juga: 

Sandra Oh, Aktris Asia yang Membuat 3 Sejarah Baru di Golden Globes
10 Selebritas dengan gaya Terbaik pada Golden Globes 2019
Black Panther hingga Aktris Crazy Rich Asian Cetak Sejarah Baru di Golden Globe Award 2019

 

 

 


Faunda Liswijayanti


Topic

#saga2019, #sagaward2019, #hollywood, #superhero, #marvel