Trending Topic
Pebulu tangkis Fitriani Buka 2019 Dengan Jadi Juara Thailand Masters

13 Jan 2019

Foto: Twitter @badmintonindonesia.org
 
Princess Sirrivanavari Thailand Masters 2019 atau Thailand Masters 2019 yang digelar sejak tanggal 08-13 Januari di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Thailand, menjadi ajang pembuka Turnamen HSBC BWF World Tour tahun ini.

Kabar gembira bagi Indonesia, salah satu juara Turnamen Super Series 300 berhadiah USD 150,000 ini adalah Fitriani (20), yang turun pada nomor tunggal putri. Dari selebrasinya saat meraih angka pamungkas terlihat kalaukemenangan ini begitu besar artinya bagi Fitriani. Pada tahun 2018 prestasi Fitriani dinilai "melempem" oleh warga net, bahkan tak sedikit yang menilai bahwa Fitriani tidak layak berada di tim nasional Indonesia. 

Di balik kemenangan Fitriani, ada beberapa fakta menarik: 
  1. Fitriani menjadi tunggal putri pertama dari luar Thailand yang berhasil menjadi juara sejak turnamen Princess Sirivannavari Thailand Master dipertandingkan di tahun 2016. Juara tunggal putri sebelumnya, Ratchanok Intanon (2016), Busanan Ongbamrungphan (2017), dan Nitchaon Jindapol (2018).
  1. Kemenangan Fitriani ini menjadi gelar World Tour sektor tunggal putri pertama untuk Indonesia di luar Indonesia. Sejak tahun 2012, Lindaweni Fanetri berhasil menjuarai Syed Modi International dan Adriyanti Firdasari yang menjuarai Indonesia Masters 2014. Baru di tiga turnamen Super 300+ inilah Indonesia bisa menjuarai kategori tunggal putri. 
  1. Fitriani menjadi tunggal putri Indonesia pertama yang berhasil naik podium juara di gelaran BWF World Tour. 
  1. Kemenangan ini juga berhasil membawa Fitriani kembali ke jajaran rangking 32 dunia. Semoga Fitriani bisa menyusul pemain tunggal putri Indonesia lainnya, Gregoria Mariska, yang sudah lebih dulu berada di jajaran Top 10 World Rank. 
  1. Keberhasilan Fitriani ini juga membuat Indonesia bisa bersanding dengan negara lainnya seperti China, Jepang, Korea, Denmark dan Malaysia, untuk menjadi negara yang berhasil menjuarai setidaknya 1 gelar di masing-masing kategori (tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri serta ganda campuran), di gelaran BWF World Tour. Tommy Sugiarto, Anthony Ginting, Greysia Polii & Apriyani Rahayu, Marcus Gideon & Kevin Sanjaya serta Liliyana Natsir & Tontowi Ahmad, adalah beberapa nama yang pernah menjuarai Turnamen di BWF World Tour.
 
Kemenangan Fitriani di turnamen pertama BWF World Tour di awal tahun 2019 ini, bisa menjadi pembuka jalan dan semangat positif bagi atlet Indonesia lainnya untuk meraih kemenangan sebagai bekal ke ajang Olimpiade Tokyo 2020. (f)

Bennita Luisa
 
 
Foto: Twitter @badmintonindonesia.org



Topic

#fitriani, #atletindonesia, #bulutangkis