Trending Topic
Novel Laksmi Pamuntjak Memenangkan Penghargaan Jerman Liberaturpreis 2016

8 Jun 2016


Foto: Dok. Laksmi Pamuntjak

Laksmi Pamuntjak  lewat novelnya berjudul Amba diumumkan sebagai pemenang Liberaturpreis 2016, sebuah penghargaan sastra untuk penulis wanita internasional di Jerman yang khusus diberikan bagi wanita penulis yang berasal dari Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin.

Dengan demikian, Laksmi berhasil menyisihkan lima wanita penulis internasional lainnya, antara lain Najet Adouani dari Tunisia, María Sonia Cristoff dari Argentina, Marguerite Abouet  dari Ivory Coast, Ayelet Gundar-Goshen dari Israel, dan Antjie Krog dari Afrika Selatan.

Pengumuman ini dikeluarkan oleh Litprom Jumat (3/6) lalu, yang menyatakan bahwa Laksmi muncul sebagai pemenang setelah berhasil meraih suara terbanyak lewat vote yang dibuka oleh laman Litprom selama beberapa bulan.    

Novel Amba yang terbit di Indonesia tahun 2012, diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman menjadi  "Alle Farben Rot" tahun lalu. Di Indonesia, novel ini masuk ke dalam daftar nominasi Khatulistiwa Literary Award 2013.

Mengenai  kemenangannya ini, Laksmi mengatakan, "Bahwa penghargaan ini merupakan salah satu upaya untuk memberi ruang dan pengakuan pada dua kategori yang seringkali tersisihkan atau tidak diberi begitu banyak perhatian dalam dunia sastra. Pertama, tentang wanita penulis. Kedua, penulis dari luar dunia Barat --dalam hal ini yang disebut ‘the Global South’, antara lain Asia, Afrika, Karibia, dan Amerika Latin-- dengan cara pandang dan gaya bertutur mereka yang kaya dan berbeda. Apalagi yang masih harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau ke salah satu bahasa dominan seperti Jerman untuk pasar Barat yang masih mendikte ‘kualitas,’” tutur Laksmi.  

Ia menambahkan, saat ini sudah mulai banyak wanita penulis hebat dari luar Barat yang diakui di dunia internasional, seperti Han Kang dari Korea Selatan yang baru memenangi Man Booker Prize 2016. (f)

Ficky Yusrini, Cempaka Fajriningtyas


 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.