Trending Topic
Menghindari Cyberbullying dengan Panduan Think Before You Share

1 Aug 2016


Foto: Meiranie, Weber Schandwick
 
Di sela-sela keramaian car free day di Bunderan HI, Jakarta, Minggu (31/7), sekelompok orang melepaskan balon-balon berwarna biru bertuliskan Think Before You Share. Pelepasan ini menandai diluncurkannya panduan Think Before You Share hasil kolaborasi Facebook dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan komunitas antibullying di media sosial, Sudah Dong.

Dunia maya, terutama media sosial seperti Facebook, telah menjadi sarana utama untuk berekspresi dan berbagi banyak hal. Namun, tidak berhati-hati saat posting atau menuliskan sesuatu di dunia maya dapat memicu terjadinya aksi cyberbullying. Panduan Think Before You Share memberikan tip tetap aman saat berselancar di dunia maya, sambil tetap menghargai orang lain, serta bagaimana harus bereaksi saat Anda merasa tidak nyaman dengan konten yang dibagikan oleh orang lain.

“Kami ingin bersama-sama membuat internet sebagai tempat yang aman untuk berbagi. Media sosial semestinya bisa menjadi tempat untuk menyemangati satu sama lain, bukan saling menjatuhnya,” ungkap Clair Deevy, Head of Economic Growth Initiatives, APAC, Facebook, yang hadir dalam acara tersebut.

Saat ini ada kurang lebih 45 juta akun Facebook aktif di Indonesia setiap harinya. Angka yang cukup tinggi, menurut Clair, sehingga Facebook ingin membantu menciptakan dunia maya sebagai tempat yang positif dan penuh kreativitas.

“YCAB percaya bahwa penting bagi anak-anak dan remaja untuk memahami dan menyadari konsekuensi dari apa yang mereka lakukan saat online," ujar M. Farhan, Sekretaris Jenderal YCAB.

Do Something Indonesia—komunitas berbasis online di bawah YCAB—akan membantu menyebarkan isi dari Think Before You Share dengan mengadakan Kampanye Day Out & Community Gathering Think Before You Share di lima kota besar Indonesia, yaitu Malang, Denpasar, Balikpapan, Palembang, dan Bandung. Lima kota tersebut dipilih, menurut Rezha Bayu Oktavia, Program Specialist Do Something Indonesia, karena melihat frekuensi penggunaan media sosial di sana yang tergolong tinggi dibandingkan kota lain di Indonesia.

“Do Something juga memberikan tantangan berhadiah bagi setiap pengguna Facebook untuk posting yang bertema positif selama 5 hari berturut-turut, sambil menantang pengguna Facebook lain untuk melakukan hal yang sama. Dengan begitu, kita bisa melawan hal-hal negatif di media sosial dan menyebarkan hal-hal positif,” jelas Rezha.

Untuk mengetahui cara-cara mengikuti tantangan tersebut, Anda bisa membacanya di http://indonesia.dosomething.org. Sedangkan, panduan Think Before You Share bisa diunduh di sini.

Let’s spread kindness and creativity! (f)


Meiranie Nurtaeni


Topic

#mentalmerdeka