Trending Topic
Ketahui 24 Fakta Mengenai Pohon pada Hari Menanam Pohon Nasional!

28 Nov 2016


Foto: Pixabay
 
Sejak tahun 2008, berdasarkan Keputusan Presiden No. 24, setiap tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Nasional.  Peringatan hari tersebut diharapkan mampu menyadarkan masyarakat Indonesia untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah penebangan pohon sembarangan.

Sambil menanam pohon, simak beberapa fakta mengenai pohon tersebut untuk lebih mengingatkan arti pohon bagi kehidupan kita.
  1. Wilayah yang memiliki banyak pepohonan memiliki jumlah kriminalitas yang lebih rendah.
  2. Pelajar yang belajar di ruang kelas dengan pemandangan pepohonan di luar jendelanya bisa memiliki nilai tes dan ujian akhir lebih tinggi.
  3. Dalam radius 30 meter dari pepohonan, polusi suara berkurang hingga 50%.
  4. Setiap 1 km2 luas sebuah hutan adalah rumah bagi lebih dari 1000 spesies.
  5. Dua pohon yang telah tumbuh besar cukup untuk menyuplai oksigen bagi satu orang selama satu tahun.
  6. Dalam sehari, sebuah pohon besar dapat menyerap hingga 100 galon air dan melepaskannya ke udara (dalam bentuk uap air), sehingga bisa mendinginkan area sekitarnya.
  7. Uap air dari pohon ini bisa membuat sejuk lingkungan sekitar setara dengan 10 kamar single dengan penyejuk udara (AC) yang menyala lebih dari 20 jam per hari.
  8. Setiap tahun, secara global, api membakar kira-kira 865 juta hektare hutan—atau 5 kali lebih luas dari wilayah Texas, Amerika Serikat.
  9. Hampir 60% kebakaran hutan di dunia disebabkan oleh manusia.
  10. Luas hutan yang terbakar saat ini telah bertambah tiga kali lipat sejak tahun 1985.
  11. Kecepatan api membakar hutan adalah 14 mil per jam.
  12. Sekitar 80% hutan di dunia telah rusak akibat kebakaran, penebangan liar, hingga perubahan iklim.
  13. Di Amazon, lebih dari setengah air pada ekosistem tersebut ‘dipegang’ oleh tumbuh-tumbuhan. Tanpa tumbuhan, iklim menjadi lebih kering.
  14. Tanpa perbaikan yang tepat, hutan hujan di dunia akan menghilang total dalam waktu seratus tahun akibat perusakan hutan seperti saat ini.
  15. Setiap dua detik, manusia merusak hutan seluas area seperti lapangan sepak bola.
  16. Lebih dari setengah produksi kayu di dunia dan 72% kertas dikonsumsi oleh 22% populasi di dunia (AS, Eropa, dan Jepang.
  17. Empat dari 10 pohon ditebang dan dijadikan kertas untuk produk-produk seperti kertas tisu, pasta gigi, majalah, dan lainnya.
  18. Pohon yang telah tumbuh setinggi 30 meter, mampu menyerap karbondioksida (CO2) seberat 22,7 kg dalam waktu setahun—jumlah yang sama yang dihasilkan mobil setelah berjalan sejauh 41.500 km.
  19. Pohon yang sama (yang disebutkan sebelum ini) dapat memproduksi 2,721 kg oksigen per tahun, yang cukup untuk menyuplai kebutuhan oksigen bagi dua orang.
  20. Pohon yang tumbuh besar dapat mengeluarkan air ke udara sebanyak 100 galon.
  21. Pohon yang mampu tumbuh tinggi di dunia adalah Californian Redwoods (Sequoia sempervirens). Jenis pohon ini yang tertinggi tumbuh bisa dilihat di Redwood National Park, California, dengan tinggi 115, 7 meter.
  22. Berdasarkan catatan Kementerian Kehutanan Republik Indonesia, sekitar 1,1 juta hektare atau 2% dari hutan Indonesia menyusut tiap tahunnya.
  23. Dan, data Kementerian Kehutanan menyebutkan dari sekitar 130 juta hektar hutan yang tersisa di Indonesia, 42 juta hektare di antaranya sudah habis ditebang.
  24. Desa Piplantri, di Rajasthan, India, akan menanam 111 pohon setiap ada bayi perempuan yang lahir. Inisiatif ini untuk mempromosikan kesetaraan gender dan mampu memajukan perekonomian desa. Tradisi ini diawali sejak tahun 2006 atas usul pemimpin desa saat itu, Shyam Sundar Paliwal. (f)
(Sumber: Landarchs.com/AmericanForest.org/onetreeplanted/WWF.or.id)


Meiranie Nurtaeni


Topic

#haripohonsedunia

 

MORE ARTICLE
polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.