Trending Topic
Keberhasilan Program Vaksinasi COVID-19 Tingkatkan Optimismis Konsumen

29 Jul 2021

survei konsumen indonesia di masa pandemi
Foto: Unsplash


Berdasarkan riset yang dilakukan Inventure-Alvara pada Juni 2021 terhadap 532 responden yang tersebar di 7 kota besar di Indonesia, terbukti sebanyak 59,5% responden merasa yakin ekonomi Indonesia akan pulih pada tahun 2021. Demikian pula terkait selesainya pandemi, sebanyak 51,5% responden yakin pandemi bakal berakhir pada tahun 2021.

Tingkat optimisme konsumen Indonesia ini terus mengalami kenaikan. Kondisi ini dapat dilihat dari tingkat konfiden masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah seperti bekerja di kantor hingga berlibur. Riset yang sama menemukan bahwa sekitar 70% - 80% responden bersedia melakukan aktivitas umum seperti bekerja di kantor, bersekolah, dan berbelanja di pasar tradisional.

Tingginya tingkat konfiden masyarakat salah satunya didorong oleh program vaksinasi nasional yang sedang berjalan. Hasil riset menunjukkan sebanyak 63,2% responden menerima kehadiran vaksin secara positif dimana 31% diantaranya telah mendapatkan vaksin.

Membaiknya tingkat konfiden dan optimisme masyarakat Indonesia, ditanggapi oleh Dicky Budiman, Epidemologist Griffith University yang hadir dalam acara Indonesia Industry Outlook 2nd Semester 2021 pada Rabu (28/07/2021) yang berlangsung secara daring. Menurut Dicky, terjadinya optimisme di kalangan masyarakat akibat adanya vaksin merupakan hal yang positif. “Namun perlu kita cermati lagi dalam data bahwa meskipun kepercayaan masyarakat tinggi tapi tingkat partisipasi dalam mendapatkan vaksinasi masih rendah,” kata Dicky.

Menurut Dicky rendahnya tingkat partisipasi vaksinasi ini perlu didorong dan diupayakan lagi dalam setiap sektor. “Sebab yang menjadi game charger itu bukan pada vaksinnya saja namun lebih pada orang yang mau divaksin dan ini yang akan menjadi modal utama dan masih menjadi catatan besar untuk Indonesia. Serta tracking, tracing dan isolasi mandiri pun perlu diperkuat.”

Saat ini pemerintah Indonesia memang terus mempercepat program vaksinasi Nasional demi segera mencapai herd immunity. Dan program ini akan berhasil jika masyarakat mendukung dan ikut serta divaksinasi COVID-19. 

Masih dari riset yang sama juga ditemukan fakta tentang kondisi keuangan saat ini yang mengacu pada empat pilar keuangan keluarga yaitu pendapatan, pengeluaran, tabungan, dan investasi.

Hasilnya, dari sisi pendapatan sebanyak 50,2% responden merasa mengalami penurunan. Sedangkan dari sisi pengeluaran, 49,1% responden merasakan sama saja.  Dari sisi tabungan, 65,0% responden merasa mengalami penurunan. Sementara dari sisi investasi 52,1% responden merasakan penurunan.

Meski optimisme konsumen tinggi, melihat kondisi keuangan, Yuswohady, Managing Partner Inventure, mengingatkan terutama para pemilik usaha untuk lebih mawas diri dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Karena ibarat lari, Yuswohady menggambarkan kondisi saat ini sebagai lari maraton yang pastinya membutuhkan waktu yang lama, bukan lari sprinter. Sehingga kita harus bisa mengukur kekuatan untuk bisa mencapai finis dengan baik. (f) 


Baca Juga: 
Tren Mesin Kopi Masuk ke Rumah, Replikasi Ngopi ala Kafe
Ini 3 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menjadi Cashless Society Bijak
Jangan Salahkan Kurir, Pahami Sistem Pembayaran COD
 


Faunda Liswijayanti


Topic

#covid19, #konsumen, #pandemi

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?