Trending Topic
Kaleidoskop 2017: 10 Acara Musik Terpopuler di Twitter, Mulai dari 90s Festival, Soundrenaline, Hingga Java Jazz Festival

11 Dec 2017


Foto: Pixabay

Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan festival musik seru. Tidak hanya menarik perhatian penggemar musik lokal, tapi juga mancanegara. Tahun ini, sejumlah festival musik jazz, heavy metal, hingga EDM menjadi acara yang paling banyak dibicarakan oleh penggemar musik.
 
1/ Java Jazz Festival (@JavaJazzFest)
Event musik jazz terbesar di Indonesia ini sudah berlangsung selama 13 tahun. Di tahun 2017, Java Jazz Festival berlangsung 3,4,5 Maret di JiExpo Kemayoran, Jakarta, dan menghadirkan sejumlah musisi kondang Indonesia maupun internasional. Mulai dari Afgan, Tulus, Sergio Mendes, hingga Ne-yo.
 
2/ We the Fest (@WeTheFast)
Pencinta musik Indonesia dimanjakan dengan penampilan the Overtunes, GAC, hingga Isyana Sarasvati di We the Fest 2017 yang berlangsung 10, 12, 13 Agustus di JiExplo Kemayoran, Jakarta. Selain itu, musisi luar negeri juga turut tampil di acara yang diadakan oleh Ismaya Live ini, seperti Cash Cash asal AS dan Wave Racer dari Australia.
 
3/ Prambanan Jazz (@PrambananJazz)
Sesuai namanya, festival musik jazz ini diadakan oleh Rajawali Indonesia Communication di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, pada 18, 19, dan 20 Agustus 2017. Tahun ini, Sarah Brightman tampil sebagai bintang utama. Tentunya, ada juga musisi lokal terkenal seperti Kla Project, Raisa x Isyana, dan Shandy Sandoro yang menghibur penonton.
 
4/ Soundrenaline
Pada 9-10 September lalu di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Badung, Bali, pencinta musik menyaksikan penampilan musisi dari beragam genre musik di event Soundrenaline. Sederet musisi tanah air yang tampil adalah Payung Teduh, Kotak, Sheila on 7, Andien, dan Rendy Pandugo, sedangkan musisi luar negeri diwakilkan oleh Jet, grup rock asal Australia.
 
5/ Djakarta Warehouse Project (@DWPfeset)
Djakarta Warehouse Project merupakan festival EDM yang diadakan oleh Ismaya Live pada 15-16 Desember lalu di JiExpo Kemayoran, Jakarta. Cukup banyak musisi luar negeri yang tampil, seperti Marshmello, Ookay, Zeds Dead, Bassjackers, Desiigner, Loco Dice, hingga Steve Aoki. Ada juga rapper AS, Designer, yang menampilkan genre hip hop dan rapper Asia, termasuk Rich Chigga.
 
6/ Synchronize Fest
Bertempat di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, pada tanggal 6,7,8 Oktober digelar Synchronize Fest 2017. Festival ini menyuguhkan pertunjukan musik dari banyak genre. Tentunya, ada penampilan spesial dari musisi legendaries seperti Slank, Bob Tutupoly, dan Ebiet G Ade. Uniknya, Presiden Joko Widodo turut hadir untuk menyaksikan penampilan Ebiet G. Ade.
 
7/ Jogjarockarta
Stadion Kridosono, Yogyakarta, menjadi saksi terselenggaranya event musik Jogjarockarta pada 29-30 September. Festival musik rock yang diadakan oleh Rajawali Indonesia Communication ini menampilkan God Bless hingga grup progresif metal terkenal dunia, Dream Theater asal AS.
 
8/ Jazz Gunung (@jazzgunung)
Pagelaran musik bertaraf internasional ini menampilkan komposisi jazz bernuansa etnik. Diadakan pada 18-19 Agustus di Jiwa Jawa Resort Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, para musisi pun tampil di panggung terbuka beratap langit dan berlatar alam yang indah. Beberapa di antara mereka adalah Dewa Budjana Zentuary, Maliq & D’Essentials, Glenn Fredly, hingga Paul McCandless with Charged Particles asal AS.
 
9/ 90s Festival
Bagi Anda yang menghabiskan masa remaja di era 90-an kemungkinan besar menghadiri event musik 90s Festival yang diadakan 25 November lalu di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. Musisi yang tampil tidak main-main, mulai dari Dewa 19 feat Ari Lasso, Base Jam Reunion, Warna, Stinky, P Project, hingga musisi internasional Sixpence None the Richer. Event ini benar-benar membuat penonton jadi bernostalgia.
 
10/ Hammersonic Festival (@hammersonicfest)
Untuk ke-6 kalinya, festival metal ini kembali digelar di Ecopark Ancol, Jakarta, pada tangal 7 Mei lalu. Band-band cadas internasional pun tampil menghibur pencinta musik metal, termasuk The Black Dahlia Murder, Tarja, Whitechapel, Abbath, hingga Megadeth. (f)

Simak juga berbagai rangkuman peristiwa dan hal-hal menarik yang terjadi sepanjang tahun ini di topik #KALEIDOSKOP2017
 
Baca juga:
Kaleidoskop 2017: Liliyana Natsir Menjadi Satu-satunya Wanita Atlet yang Masuk Daftar Atlet Terpopuler di Twitter
Kaleidoskop 2017: Belitung dan Gunung Bromo Menjadi Destinasi Wisata yang Paling Populer di 2017
Kaleidoskop 2017: 10 Film yang Paling Banyak Dibicarakan di Twitter, Mulai dari Critical Eleven Hingga Pengabdi Setan
 

Vini Damayanti


Topic

#KALEIDOSKOP2017, #RameDiTwitter2017

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.