Trending Topic
International Women’s Day: Mencapai Kesetaraan Gender di Tempat Kerja

10 Mar 2017


Foto: NF
 
Di International Women’s Day (8/3), Nestlé Indonesia menggelar talkshow Women Leaders at Nestlé: Gender Balance and Diversity. Di forum ini, para pembicara berbagi cerita dalam meraih sukses dalam karier untuk menginspirasi karyawan wanita untuk berprestasi dan bahagia.
 
Mantan Menteri Negara Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang juga mantan Ketua Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Linda Agum Gumelar berpendapat, laki-laki dan wanita harus memiliki peran dan kesempatan yang sama dalam bekerja.  Namun, ia juga mengingatkan para wanita yang meniti karier maupun berwirausaha untuk fokus bekerja secara sungguh-sungguh dan optimal sehingga perjuangan meninggalkan anak untuk bekerja tidak sia-sia.
 
Kesungguhan dan fokus memang penting untuk menghadapi tantangan yang dihadapi wanita. Menurut Pemimpin Redaksi dan Pemimpin Komunitas femina, Petty Fatimah, persoalan wanita Indonesia berbeda-beda di setiap daerah. Bagi wanita karier, misalnya, persoalan beban ganda–di tempat kerja dan di rumahnya, jadi tantangan.
 
Sedangkan bagi wanita wirausaha, kurangnya pengetahuan tentang strategi berbisnis kerap menghambat prestasi. Semua itu perlu totalitas dan dukungan dari keluarga, perusahaan, dan pemerintah.. “Di area Jabodetabek, masalah wanita bekerja tak lepas dari infrastruktur, karena kebanyakan rumah berada di luar kota sementara masih banyak kendala transportasi dan akses ke tempat bekerja,” ujar Petty.
 
Strategi lain yang diperlukan wanita karier menurut Head of Operations Performance Nestlé Indonesia Imelda Mayasari adalah mengatur skala prioritas. “Peran wanita ibarat segitiga tidak sama sisi. Di satu sisi, wanita harus berperan sebagai seorang karyawan, sebagai ibu yang harus mengasuh anak-anaknya, dan seorang istri yang harus mendampingi suami.  Sisi dari segitiga itu bisa berbeda-beda panjangnya tergantung prioritas yang sedang dihadapi. Jadi kita harus bisa memainkan peran yang sangat baik untuk ketiga peran tersebut,” papar Imelda.
 
Benarkah kesetaraan gender dan keberagaman dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis? Dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir, Nestlé Indonesia telah melipatgandakan jumlah manajer wanita hingga 36%. Bahkan, 32% dari jajaran manajemen Nestlé Indonesia adalah wanita.
 
“Untuk terus memotivasi karyawan wanita lainnya, sejak 2016 kami menyelenggarakan Women Leaders Award, yaitu suatu bentuk penghargaan untuk 20 pemimpin wanita di Nestlé yang telah menunjukkan kegigihan dan kerja kerasnya hingga menjadi contoh bagi karyawan lainnya,” ujar Presiden Direktur PT Nestlé Indonesia, Dharnesh Gordon.
           
Komitmen Nestlé untuk menjadi perusahaan yang menerapkan kesetaraan gender ini juga diakui oleh World Business Council for Sustainable Development (WBCSD) melalui penghargaan Women Leading Award yang diberikan kepada Direktur Legal & Corporate Affairs Nestlé Indonesia Debora R. Tjandrakusuma(f)
 
 Baca juga:
International Women’s Day 2017, Berani Melakukan Perubahan?
Menyambut International Women’s Day, Berikut 32 Wanita yang Menginspirasi Versi Twitter
Wanita Bisa Jadi Pemimpin!
Women’s March, Perjuangan Wanita Lewat Kata-kata

 

Nuri Fajriati


Topic

#IWD2017, #IsuGender

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.