Trending Topic
Kontestan Transgender Pertama Hingga Cerita Tentang Mahkota, Ini 5 Hal Menarik Tentang Pemilihan Miss Universe

21 Dec 2018



Foto: Instagram

Perhelatan Ke-67
Pemilihan Miss Universe tidak disangkal sebagai beauty pageant paling populr di planet bumi ini. Tahun 2018 ini, Miss Philippines Catriona Gray meraih mahkota sebagai Miss Universe 2018.
 
Wanita cantik berusia 24 tahun ini menyisihkan 93 kontestan yang mewakili negara masing-maisng termasuk kontestan asal Indonesia, Sonia Fergina Citra. Sebagai runner-up adalah Tamaryn Green dari Afrika Selatan dan urutan ketiga adalah Sthefany Gutierres dari Venezuela. SementaraSonia Fergina Citra terhenti di babak 20 besar.
 
Diselenggarakan di Bangkok, pemilihan Miss Universe 2018 ini adalah penyelenggaraan ke-67 kali. Karena pertama kali diselenggarakan adalah tahun 1952.
 
Meski begitu, istilah Miss Universe pertama kali digunakan pada tahun 1926 oleh the International Pageant of Pulchritude. Kata ‘pulchritude’ artinya beauty. Namun, pemilihan ini berhenti pada tahun 1935 karena dunia tengah mengalami resesi ekonomi (the great depression) dan dimulainya Perang Dunia II.
 
Miss Universe yang eksis saat ini pertama kali diselenggarakan oleh Pacific Knitting Mills, produsen Catalina Swimwear, pada tahun 1952. Mereka sebelumnya juga menajdi sponsosr pemilihan Miss America. Namun, ketika Yolanda Betbeze, Miss America 1951, menolak memublikasikan foto  mengenakan swimwear, Pacific Knitting Mills memutuskan untuk menyelenggarakan ajang Miss Universe sendiri.
 

Yoseptin Pratiwi


Topic

#missuniverse, #soniaferginacitra, #putriindonesia, #catrionagray