Travel
Wisata Kuliner Unik di Medan, Semarang, Malang, dan Bukit Tinggi

7 Oct 2018


 


Malang : Wisata kuliner Jadul di HokLay

 
Hok Lay adalah salah satu tempat kuliner paling legendaris di Kota Malang. Lokasinya terletak di Jl. K.H. Ahmad Dahlan 10. Spesialis lumpia Semarang dan pangsit cwiemie ini sudah berdiri sejak tahun 1946 di daerah Pasar Besar. Suasana jadul peninggalan tempo dulu dapat dilihat dari jendela-jendela besar tua yang masih terlihat kokoh, serta perabot kayu dan dinding yang tampak kusam.
 
Banyak wisatawan lokal yang memasukkan Hok Lay dalam bucket list traveling mereka ke Malang. Tak hanya ingin tenggelam dalam suasana kuno, tapi juga menikmati ragam penganan, mulai dari cwimie, lumpia, hingga minuman fosco yang hanya bisa ditemui di Hok Lay.
 
Konon, minuman bernama fosco ini dibawa dari resep Belanda, yang mencampurkan cokelat dan susu full cream murni dan ditempatkan di botol minuman bersoda. Sensasi yang dirasakan adalah manis, segar, dan after taste rasa gurih, sehingga rasa fosco mirip dengan minuman kekinian, salted caramel.
 
 


Bukit Tinggi : Hangatnya Bika Talago
Jangan bayangkan bika talago seperti bika ambon. Pasalnya, kue khas Bukittinggi, Sumatera Barat, ini dari bentuknya saja sudah berbeda. Bika talago terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan gula merah, sehingga teksturnya kasar dan sedikit keras.
 
Penganan ini bisa ditemukan di daerah Koto Baru, dalam perjalanan dari Padang menuju Bukittinggi. Pembeli juga dapat melihat langsung pembuatan bika menggunakan tungku tradisional. Adonan dituang ke cetakan tembikar, yang dibakar dengan api dari kayu atau arang.
 
Bika dalam bahasa Minang berarti kue yang dipanggang. Sementara talago diambil dari kata telaga, karena kue ini dulu umumnya dibuat masyarakat sekitar telaga di daerah Koto Baru.
 
Dari aslinya berwarna putih dengan rasa manis dan aroma kelapa yang khas, kini rasa bika talago bervariasi. Ada bika talago merah, dengan gula merah sehingga rasa manisnya lebih kuat. Nikmati selagi hangat ditemani secangkir kopi. (f)


Topic

#travel, #kuliner

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?