Travel
Wisata Kuliner Unik di Medan, Semarang, Malang, dan Bukit Tinggi

7 Oct 2018


Wisata kuliner selalu jadi agenda yang menyenangkan, apalagi kalau makanan dan minumannya menjanjikan khasiat tertentu atau memiliki keunikan, seperti berikut ini:



Medan: Khasiat Sehat Chai Pau
 
Penganan khas Medan satu ini pengaruh dari budaya kuliner Tiongkok yang masuk ke Kota Medan. Dalam bahasa Hok Kien, ‘chai’ berarti sayur, sementara ‘pau’ berarti bungkus. Biasanya, camilan yang ringan ini disantap dengan cocolan sambal merah yang khas.
 
Kulit chai pau terbuat dari ubi rambat yang diisi dengan tumisan sayur aneka macam, seperti bengkuang, wortel, dan kol. Walau aslinya diisi sayur, beberapa penjual melakukan inovasi dengan mencampur isiannya dengan daging, ayam, atau udang. Proses memasaknya dengan cara dikukus.
 
Chai pau dapat ditemukan di sejumlah sudut Kota Medan dan pasar tradisional. Salah satu yang direkomendasikan adalah chai pau yang dijual di sekitar pinggiran Jalan Pajak Besi.
 


Semarang : Jun jamu istimewa

 
Tanah Jawa memang terkenal dengan jamu-jamuan penuh khasiat terbuat dari rempah-rempah alami. Tak terkecuali Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah, yang memiliki minuman sehat terkenal, Jamu Jun. Jangan bayangkan rasanya pahit seperti jamu umumnya, karena jamu ini justru terasa manis dan hangat. Cita rasanya berasal dari 12 macam rempah yang menjadi bahan utamanya. Terdiri atas cengkih, kayu manis, jahe, merica hitam, dan kapulaga, yang biasanya juga dilengkapi penganan bola-bola kecil yang terbuat dari kelapa dan jahe.
 
Jamu ini tidak hanya bisa ditemui di Semarang, tapi juga di sejumlah daerah lainnya di pesisir pantai utara Jawa Tengah, seperti Jepara, Pati, dan Demak. Nama ‘jun’ diambil dari kata junjang-junjung, yang dalam bahasa Indonesia dimaknai ‘angkat-angkat’.
 
Konon, jamu ini dimasukkan ke dalam wadah gentong dari tanah liat, dan dijajakan dengan cara diangkat atau digendong dari satu tempat ke tempat lain. Di Demak, jamu ini lebih dikenal dengan sebutan jamu coro atau adon-adon coro.
 
Minuman ini bisa Anda temukan di beberapa sudut Kota Semarang, seperti di Jalan Wotgandul Timur dan kawasan pecinan. Biasanya, para penjual akan menjajakannya mulai sore hingga tengah malam. Jamu Jun disajikan dalam wadah mangkuk kecil dengan sendok, karena teksturnya yang sedikit lebih kental. Harganya cukup murah, semangkuk hanya Rp5.000.
 

Tim Femina Indonesia


Topic

#travel, #kuliner