Travel
Wajib Coba Saat Ke Gorontalo

20 Oct 2018

Pantai berpasir putih, berenang bersama ikan paus langka, mencicipi makanan laut yang segar, hingga budaya daerah yang unik. Inilah kumpulan rekomendasi Kota Gorontalo untuk Anda:


 
#Sambal Ikan

Orang Gorontalo senang dengan cita rasa pedas. Saat bersatu dengan komoditas ikan yang berlimpah, jadilah sambal ikan. Cocok untuk jadi oleh-oleh khas.


 
#Berkenalan dengan Hiu Paus

Serunya berenang dengan hiu paus di desa nelayan Botubarani. Pertengahan tahun adalah saat tepat untuk bertemu dengan ikan besar yang langka dan dilindungi ini.

#Hidangan Serba Jagung

Jagung hampir selalu hadir di meja makan di sini. Mulai dari menjadi campuran nasi, camilan, sayur, sampai lauk. Coba rasakan uniknya jagung putih, yang sulit ditemukan di daerah lain.


 
#Senja di Benteng Otanaha

Kita bisa memandang matahari terbenam di Danau Limboto dari ketinggian BentengOtanaha yang dibangun tahun 1525 dari campuran kapur dan putih telur burung maleo.


 
#Alunan Musik Polopalo

Kalau beruntung, Anda bisa melihat penampilan musik tradisional polopalo. Terbuat dari bambu, suaranya mirip angklung, dan dimainkan dalam kelompok.

#Kopiah Rotan

Kopiah keranjang khas Gorontalo ini sempat beken saat dikenakan oleh Presiden Gusdur. Unik banget.


 
#Surga Ikan

Jangan lupa, pesan makanan dari olahan ikan laut, seperti sate kakap. Kalau ingin yang segar, coba sop asam kakap merah.


 
# Naik Bentor

Perpaduan antara becak dan motor (bentor) jadi moda transportasi kesayangan masyarakat Gorontalo. Bentor juga bisa dipesan melalui aplikasi ojek online. (f)

Baca Juga:

Wisata Kuliner Unik di Medan, Semarang, Malang, dan Bukit Tinggi
Destinasi Kuliner: Surga Ikan Bakar di Kota Ambon
Kearifan Lokal di Balkondes, Desa Wisata Binaan BUMN di Kawasan Candi Borobudur
 

Nuri Fajriati


Topic

#travel, #gorontalo, #wisatanusantara, #localbest