Travel
Mari Ke Flores

31 Dec 2018


Indahnya Pantai Koka yang berpasir putih bersih dan berair jernih

Jangan bilang pernah ke Flores, jika belum menceburkan diri ke pantainya. Tidak lengkap juga rasanya ke Flores kalau tidak memborong kain dan kopi. Pantai di Maumere ada beberapa tempat. Yang lama bernama Pantai Wairterang, dan kini tak lagi populer. Padahal, pantai ini masih indah. Lautnya tenang, ombaknya tak besar, lokasinya pun mudah dijangkau, persis di tepi jalan raya.
 
Pantai Wairterang kalah pamor dengan Pantai Koka yang terletak di perbatasan Maumere dan Kabupaten Sikka. Lokasi Pantai Koka jauh menjorok ke dalam. Jalannya pun masih jalan tanah dengan lubang di sana- sini. Bisa dikatakan, jalanan ke Pantai Koka tidak seindah pantainya.
 
Namun 'perjuangan' itu sepadan adanya, karena air lautnya yang jernih membuat siapa saja ingin menceburkan diri membuang letih. Keindahan lain dari pantai ini karena tebing-tebing karang yang memagari pantai sehingga mata kita diperlihatkan keindahan karang dan hutan di sekelilingnya. Jadi, kalau ke pantai-pantai di Maumere, bawalah baju ganti agar tak menyesal.
 

Berburu tenun di Lepo Lorun.
 
Setelah, puas menikmati pantai, saatnya berburu kain tenun dan kuliner. Kain tenun ikat mudah ditemukan di Lepo Lorun, tempat para perajin tenun asli Flores. Lepo Lorun artinya rumah tenun. Rumah tenun ikat ini didirikan oleh Alfonsa Horeng, wanita asli Desa Nita, Kecamatan Nita, Flores. Alfonsa mampu membawa kain tenun ikat Flores hingga ke mancanegara. Hampir separuh dunia telah ia kunjungi untuk mengenalkan tenun ikat Flores. Di negara-negara itu ia menenun dengan alat tenun tradisional.
 
Selain menyediakan kain tenun jadi, Anda juga bisa menyaksikan perajin tenun yang sedang menenun kain-kain cantik. Di sini, Anda juga bisa menikmati suguhan kopi Bajawa yang rasanya bikin ketagihan. Kopi Flores yang sudah menembus dunia memang harus diakui kenikmatannya. Di Lepo Lorun, kita juga akan mendapat suguhan pisang goreng, tapi tidak bertepung. Jangan tanya rasanya. Cuma satu kata: enak. Berkolaborasi dengan kopi Flores, rasanya akan tertinggal lama dalam memori kita.

Satu hal yang tidak boleh terlewat saat di Flores adalah berburu avokad matang pohon. Untuk urusan buah, Flores memang juara. Terutama yang paling dikenal adalah avokad matang pohon. Avokad berwarna kuning mentega ini tebal dagingnya, tipis kulitnya. Rasanya yang gurih bercampur manis menjadi paduan yang luar biasa di indera pengecap kita.
 
Pada musimnya, hasil panenan avokad melimpah ruah. Saatnya memborong avokad. Para pelancong dari Jakarta umumnya memborong avokad dengan memaksimalkan bagasi mereka seberat 20 kg.
 
Tip:
 
1/ Jika Anda ingin ke Maumere, pesawat terbang bisa menjadi alternatif utama.

2/ Ada kapal laut, tapi dengan waktu tempuh lima sampai satu minggu dari Surabaya.

3/ Transportasi lokal memang sulit mengandalkan angkutan umum. Jarak tempat wisata juga umumnya jauh dari jalan umum. Mau tak mau, kalau mau ke Maumere dan sekitarnya, harus menyewa mobil.

4/ Hotel di Maumere cukup memadai. Mulai dari hotel kelas melati, bintang satu, hingga bintang empat tersedia di Maumere. (f)

Bernada Rurit (Kontributor)

Baca Juga:

5 Hal Wajib Coba Saat Di Jember

8 Hal Wajib Coba Saat Di Banyuwangi

Wajib Coba Saat Ke Gorontalo


Topic

#travel, #flores, #maumere, #kopi, #tenun, #pantai

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.