Travel
Berlibur Sambil Periksa Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

27 Dec 2018

Foto: Dok. Six Senses Uluwatu, dok. pribadi

Ada beragam cara untuk mengawali tahun yang baru. Memperbarui resolusi hingga  mengganti gaya pakaian atau potongan rambut. Apa pun caranya, tujuannya tetap sama: mengembalikan gairah hidup yang mulai padam.

Saya , Fiqi Banafsaji, Fashion Editor Femina, memilih memanjakan diri sekaligus memeriksakan kesehatan di Pulau Dewata untuk memulai tahun baru. Anda juga bisa mencobanya, lho.
 
Wellness Screening
 
Apakah salah satu resolusi tahun baru Anda ingin lebih sehat? Mungkinkah kita berlibur sejenak sambil memeriksakan kesehatan dan kebugaran tubuh juga? Di  Six Senses, Uluwatu, resort baru yang memiliki konsep sustainability dan wellness, hal tersebut sangat dimungkinkan. Resort dengan pemandangan menawan ini memiliki wellness expert  untuk melakukan wellness screening noninvasif pertama dan satu-satunya di Indonesia. Kegiatan ini akan menganalisis tingkat kesehatan, mulai dari denyut jantung, distribusi oksigen, tekanan darah, hingga tingkat stres.
 
Setelah mengisi data-data pribadi, Ivan Young, wellness expert yang menangani saya, kemudian memasangkan semacam alat ukur pada dahi, jari, dan telapak kaki. Tidak perlu melakukan apa-apa, saya hanya diminta bernapas secara normal, sambil menunggu alat canggih itu memberikan hasilnya.

Tak seburuk yang dipikir, skor kesehatan saya 86%. Saya tergolong dalam kategori ‘Acceptable’, satu tingkat di bawah ‘Good’, yang menjadi kategori paling tinggi dalam pengukuran ini. Masalah saya terletak pada  kadar body fat yang masih tinggi.
 
Dari hasil tersebut, Ivan kemudian memberikan ‘resep’ berupa anjuran untuk gaya hidup dan pola diet yang perlu saya lakukan setelahnya. Termasuk merancang aktivitas, mulai dari fitness hingga perawatan spa yang sebaiknya dilakukan selama saya menginap di resort ini. Saya disarankan mengonsumsi makanan bebas lemak dengan cara memilih  makanan dan minuman dengan kode ‘trim’ yang tertera di menu restoran, sesuai dengan arahan pola diet dari Ivan.
 
Saya pun  langsung menjadwalkan diri untuk mengikuti kelas yoga. Sudah lama saya tidak melakukan olah tubuh seperti ini. Setelah melakukan latihan, saya pun berjanji pada diri  sendiri untuk mengikuti kelas yoga secara rutin sesampainya di Jakarta.
 

Fiqi Banafsaji


Topic

#travel, #wheninbali, #bali, #wellness, #spa, #yoga