Travel
5 Keunikan Adat Marapu di Sumba Barat

6 Aug 2017

 

Foto: Yos
 
4/ Tenun
Seni dan kerajinan yang popular di Sumba Barat adalah tenun. Masing-masing wilayah memiliki ragam motif dan corak tersendiri. Dalam buku Kebudayaan Sumba Barat karya Anisah Umar Bamualim disebutkan, di daerah Kecamatan Wanokaka, Lamboya dan Tana Righu ada kain panggiling, pahikung dan pawora. Sementara di Kecamatan Loli ada kain lambaleko.
 
Pahikung adalah jenis kain tenun yang dibuat dengan teknik ikat. Pawora adalah teknik anyaman yang kemudian diberi pewarnaan alam (wora),sedangkan lambaleko dibuat dengan menggunakan lidi atau bilah bamboo yang disisipkan di sela-sela benang lalu diungkit dan ditekan mengikuti pola-pola tertentu.

Motif kain tenun Sumba Barat umumnya kecil-kecil dan sedikit abstrak. Pada kain laki-laki, berupa garis, titik-titik dan mamoli pada tepinya. Sedangkan pada wanita berupa nelah ketupat (mata kerbau) dan segitiga (ekor kuda).
 


Topic

#travel, #adatmarapu, #Sumbabarat

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?