Travel
4 Fakta Tentang Taman Nasional Gunung Rinjani, UNESCO Geopark Dunia Terbaru

21 Apr 2018




Danau Segara Anakan dilihat dari Plawangan Rinjani
Foto : NF

3/ Waktu Terbaik dan Kapan Tutup

Rencanakan dengan tepat. Pasalnya, jalur pendakian Gunung Rinjani biasanya ditutup setahun sekali, biasanya antara bulan Desember hingga Maret.  

Tahun ini jalur pendakian ditutup pada tanggal 1 Januari-31 Maret 2018. Selain untuk memberikan kesempatan pada alam untuk memperbaiki diri dan petugas untuk melakukan pembersihan luar, saat itu cuaca biasanya terlalu ekstrem, berangin dan hujan lebat, sehingga lebih berbahaya.

Waktu terbaik untuk mendaki adalah Juni-Agustus, saat dari jalur mana pun cuaca ramah pada pendaki. Air dalam di Danau Segara Anak pun masih terisi menambah keindahan Rinjani.

4/ Taati Aturan
 
Seperti juga taman nasional lain, setiap pendaki yang ingin mendaki harus menaati aturan yang berlaku.

Di situs resmi tnrinjani.net, disebutkan batas lama pendakian yang diizinkan di TNGR untuk wisatawan antara 3-5 hari, apabila lebih dari batas yang telah ditentukan agar dikomunikasikan dengan petugas.

Siapa pun yang memiliki tujuan khusus seperti ziarah, ritual budaya, atau syuting dapat diberikan kelonggaran masalah waktu atau lama pendakian asalkan memberitahukannya dulu pada petugas untuk mendapat izin.

Pendaki harus tetap berjalan pada jalur yang telah ditentukan serta tidak diizinkan berjalan di luar jalur, maupun membuat jalur baru dan atau membuat jalur pintas.

Berkemah hanya dilakukan pada lokasi yang telah ditentukan yaitu Pos Peristirahatan, Plawangan dan Danau Segara Anak. Berkemah selain di lokasi lain tidak diizinkan dan akan dianggap ilegal dan bisa dikenai sanksi.

Anda tidak boleh membuat api dari kayu untuk memasak atau membuat api unggun. Anda disarankan untuk membawa parafin, kompor gas/minyak tanah untuk keperluan memasak.

Dan yang penting, setiap pendaki wajib membawa kantung sampah untuk membawa kembali sampah hingga ke tempat pembuangan sampah di pintu keluar. Menyandang UNESCO Geopark dunia diharapkan membuat Rinjani semakin terkenal sekaligus tetap lestari. (f)

Baca Juga:

Ini Bukti Keindahan Watu Karung, Pacitan, yang Jadi Tempat Syuting Film Kulari Ke Pantai
10 Destinasi Wisata Indonesia Hadir di Kemasan Permen
Wisata Budaya Peranakan: Menelusuri Tiongkok Kecil di Lasem


Topic

#tamannasional, #Rinjani, #travel

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?