Travel
4 Fakta Tentang Taman Nasional Gunung Rinjani, UNESCO Geopark Dunia Terbaru

21 Apr 2018


Gunung Jari Baru yang tumbuh di atas Rinjani
Foto: Instagram/ @fannyapriadi

Awal April ini, Taman Nasional Gunung Rinjani resmi menjadi UNESCO Geopark Dunia. Permohonannya telah diajukan sejak lima tahun lalu. Penetapan ini bersamaan dengan dibukanya kembali jalur pendakian Gunung Rinjani setelah ditutup untuk mengembalikan vegetasi.

Selain Rinjani, ada tiga lokasi lain di Indonesia yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai UNESCO Geopark dunia, yaitu Batur, Gunung Sewu, dan Ciletuh – Pelabuhan Ratu.

Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dan memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut ini memang memiliki keunikan seperti memiliki gunung baru di tengah danau. Medannya yang indah dan menantang para petualang pun telah menjadi salah satu tempat diadakan lomba trail running.

Tertarik untuk mendaki Gunung Rinjani? Perhatikan beberapa hal berikut.
 
1/ Memiliki 4 Jalur Pendakian

Ada empat jalur pendakian yang bisa dipilih untuk mendaki Gunung Rinjani, yaitu: jalur Aikberik, Jalur Timbanuh, Jalur Sembalun, dan Jalur Senaru.

Jalur yang paling sering dipilih adalah naik dari jalur Sembalun dan turun dari Jalur Senaru. Jalur Aik Berik yang baru diresmikan tahun 2016, memiliki beberapa kelebihan, lebih landai, pendek, dan dekat sumber mata air.

2/ Bisa Daftar Online

Setiap pendaki harus mendaftarkan diri. Per April ini, pendakian wajib melakukan pendaftaran online, baik melalui aplikasi e-Rinjani yang bisa diundah di Playstore atau melalui situs erinjani.net.

Untuk harga tiket pendakian, ada perbedaan bagi pendaki dalam negeri dengan pendaki mancanegara.

Untuk pendaki dalam negeri, dikenakan harga Rp 5000 dan pendaki mancanegara dikenakan harga Rp 150.000. Perhatikan batas antara pendaftaran dan transfer pembayaran.
 
Kapan waktu terbaik untuk mendaki Rinjani? Lanjutkan membaca.
 

Nuri Fajriati


Topic

#tamannasional, #Rinjani, #travel

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.