Travel
13 Arsitektur Unik dan Futuristik Karya Zaha Hadid

12 Jun 2016


Foto: Zaha-Hadid.com
 
Tanggal 31 Maret 2016 lalu, dunia kehilangan salah satu arsitek terbesar abad 21, Dame Zaha Hadid. Wanita bernama lengkap Zaha Mohammed Hadid ini telah melahirkan karya-karya yang segar dengan nafas neo-modernisme. Bentuk unik, memiliki banyak kurva, begitu dinamis dan berkesan futuristis, membuat kehadiran gedung-gedung tersebut tampak menonjol di lingkungan sekitar dan berefek menambah estetika lokasinya. Zaha Hadid pun dijuluki Ratu Kurva karena karya-karyanya tersebut. 

Kehebatan wanita Inggris berdarah Irak ini membuatnya dianugerahi beberapa penghargaan, antara lain, wanita pertama di di dunia yang meraih Pritzker Architecture Prize dan Medali Emas Royal Institute of British Architects (RIBA). Simak beberapa bangunan karya Zaha Hadid pilihan femina, yang bisa juga jadi obyek traveling dan tempat untuk mengagumi salah satu wanita hebat di dunia ini.


1.  Gedung kantor pusat BMW, di Leipzig, Jerman
Juga merupakan tempat dibuatnya mobil mewah ternama, BMW.


2. Everly Grace Academy, di London, Inggris
Sekolah berbentuk huruf Z dan memiliki arene lari yang 'menembus' bawah gedung.

 
3. Galaxy Soho, di Beijing, Tiongkok
Gedung pusat perkantoran dan hiburan ini banyak disebut sebagai karya Zaha Hadid yang paling futuristik.

 
4. Pusat Olahraga Air London, di Stratford, London, Inggris
Bangunan ini awalnya dibangun untuk Olimpiade 2012. Di sini terdapat dua kolan renang sepanjang 50 m dan bisa menampung sampai 2500 penonton. Konstruksi bangunan termasuk menampilkan banyak jendela, jadi lebih banyak cahaya matahari masuk, sehingga lebih hemat energi.

 
5. Hotel di area City of Dream, Cotai, Macau
Bangunan ini mulai dibuat tahun 2013 dan diperkirakan rampung pada 2017. Gedung ini merupakan hotel kelima di area City of Dream milik grup Melco Crown Entertainment, yang berlokasi di Cotai, Macau. 

 
6. Gedung pemadam kebakaran Vitre, di Baden-Wuerttemberg, Weil am Rhein, Jerman
Gedung bekas sekolah Vitre yang terbakar ini adalah karya pertama Zaha Hadid yang berhasil rampung.

 
7. Zaragoza Bridge Pavilion, di Zaragoza, Spanyol
Jembatan sepanjang 270 meter yang melintasi sungai Ebro, Spanyol. Awalnya dibangun juga sebagai pintu masuk eksibisi Expo 2008.

 
8. Dongdaemun Design Plaza, di Seoul, Korea Selatan
Gedung yang sepenuh sisinya berkurva ini sekarang telah menjadi ciri khas kota Seoul. Salah satu keunikan gedung ini adalah ketika malam sisi-sisinya akan menyala seperti lampu kerlap-kerlip. Cantik! Gedung ini merupakan pusat desain, seni, dan hiburan, serta memiliki stasiun subway sendiri, yaitu stasiun Dongdaemun Design Plaza (line 5).

 
9. Jockey Club Innovation Tower, Hong Kong
Karya pertama Zaha Hadid di Hong Kong ini merupakan lokasi sekolah desain Hong Kong Polytechnic University.

 
10. Bergisel Sky Jump, di Innsbruck, Austria
Salah satu tempat untuk kompetisi/olahraga sky jump, dengan puncak yang menjadi pusat aktivitas pengunjung—terdapat resto, kafe, dan tempat menonton pertandingan sky jump. Tingginya mencapai 50 m dari permukaan tanah.

 
11. Gedung opera Guangzhou, di Guangzhou, Tiongkok
Cantik dengan kerlap-kerlip dinding kaca, terutama di malam hari.

 
12. Pusat kebudayaan Heydar Aliyev, di Baku, Azerbaijan
Gedung ini meraih penghargaan London Design Museum Award tahun 2014.

 

13. 
13. Bergisel Sky Jump, Innsbruck, Austria
Salah satu tempat untuk kompetisi/olahraga sky jump, dengan puncak yang menjadi pusat aktivitas pengunjung—terdapat resto, kafe, dan tempat menonton pertandingan sky jump. Tingginya mencapai 50 m dari permukaan tanah.(f)


Meiranie Nurtaeni


Topic

#zahahadid

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.