Tip Masak
8 Tip Sukses Masak Wagyu Steak ala Jepang

5 Dec 2017

Setiap mendengar kata wagyu langsung terbayang daging sapi yang juicy dan super empuk. Memang, kelezatan daging sapi asal Jepang ini tidak perlu diragkan lagi. Tapi, jika salah saat mengolahnya, kelezatannya bisa saja berkurang.

Saat diundang oleh Duta Besar Jepang Masafumi Ishii ke kediamannya di Jakarta, femina mendapat kesempatan untuk belajar memasak wagyu steak ala Jepang langsung dari chef Hori Ikuo, koki kediaman Duta Besar Jepang di Indonesia.

Steak dimasak bersama saus tare yang terbuat dari campuran apel, jahe, bawang bombay yang dihaluskan dan dimasak bersama kecap asin dan gula.

Kepada femina, chef Ikuo berbagi tip membuatnya:

1/ Agar matang merata, pastikan daging sapi dalam keadaan tidak beku dan tidak dingin saat memasaknya. Daging dalam keadaan suhu ruang adalah yang paling tepat.

2/ Saat memananaskan wajan datar untuk memanggang, gunakan sebagian lemak daging sebagai pengganti minyak.

3/ Pastikan wajan panas agar sari daging sapi terkunci di dalamnya.

4/ Setelah dibumbui dengan garam dan lada, pan sear atau masak daging wagyu selama 1 menit tiap sisinya. Lalu, angkat dan sisihkan.

5/ Panaskan saus tare dalam wajan yang sama. Masak steak bersama saus tare agar rasa sausya meresap ke dalam daging.

6/ Masak daging sapi dengan tingkat kematangan yang sesuai dengan keingingn. Namun, chef Ikuo menyarankan untuk memasaknya hingga temperature 80o C. Angkat.

7/ Potong-potong steak, susun di atas nasi putih yang sudah diberi sedikit saus tare. Beri jamur dan asparagus yang telah ditumis serta irisan bawang daun.

8/ Sebagai pelengkap, beri sedikit wasabi untuk menambahkan sedikit ‘pukulan’ rasa.

Klik di sini untuk menyaksikan video tutorial singkatnya.

Sebagai ciri khas masakan Jepang, wagyu steak ini disajikan dalam bentuk rice bowl. Tekstur steak buatan chef Ikuo benar-benar pas, tidak terlalu matang (medium rare) memang sangat tepat untuk menyajikan wagyu agar rasa khas lemaknya tetap terasa. Saus tare yang manis sangat cocok dengan lidah orang Indonesia karena rasanya yang mirip seperti bumbu semur. Tak disangka, steak ini sangat cocok dipadukan dengan wasabi yang memiliki rasa dan aroma yang menyengat. (f)
 
Cek juga TIP MASAK dari tim Boga Femina lainnya.

Baca juga:
Resep Steak Ayam Sambal Matah
Hida Beef, Daging Sapi yang Meleleh di Mulut
Pilih Daging Sapi Grass-Feed untuk Menu Kualitas Premium

 

Isyana Atiningmas


Topic

#tipmasak, #wagyu, #steak

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.