Tip Masak
4 Senjata Chef Jepang Saat Menggoreng Tempura

11 Jun 2018


Foto: Pixabay
 
Masyarakat Jepang terkenal dengan ketelitian dan kesungguhannya dalam melakukan sesuatu, tak terkecuali pada urusan dapur.
Untuk membuat menggoreng tempura saja, seorang chef selalu minyapkan alat-alat khusus yang mungkin tak terpikirkan oleh pemasak rumahan.
Kebiasaan ini memang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jadi, tak ada salahnya jika kita juga menirunya.

 

Foto: IA
 
1/ Wajan tembaga
Wajan ini biasa disebut age nabe yang artinya pot untuk menggoreng. Chef Hori Ikuo, koki Kediaman Duta Besar Jepang untuk Indonesia mengatakan bahwa para chef Jepang memilih wajan tembaga karena tembaga merupakan penghantar panas yang baik.


Foto: IA

2/ Sumpit berujung stainless steel
Banyak macam sumpit yang digunakan di dapur Jepang. Bisa saja menggunakan sumpit kayu biasa, tapi sumpit stainless steel dipakai untuk menghindari aroma dan rasa tempura tidak menempel pada sumpit. Aroma dan rasa yang menempel di sumpit bisa mengkontaminasi tempura berikutnya yang akan digoreng.
Selain itu, sumpit ini juga bisa digunakan untuk mengecek suhu minyak. Sehabis sumpit dicelupkan ke minyak selama beberapa detik, tempelkan sumpit pada lap atau handuk basak. Jika terdengan bunyi ‘cess’, berarti minyak sudah panas.
 

Isyana Atiningmas


Topic

#tipmasak, #tempura

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.