Tip Masak
4 Air Gula Homemade untuk Shortcut Minuman Hangat

6 May 2019


Foto: Dok. Shutterstock


Aroma dan rasa bisa diciptakan dari kreativitas meracik jenis larutan gula. Jadi, next time melakukan hal konvensional seperti melarutkan gula pasir ke dalam minuman hangat, siapkan larutan gula (istilahnya, simple syrup) aromatik berikut ini. Plus, Anda hemat waktu karena tidak perlu lagi mengeluarkan gula dan mengaduk-aduknya.
 
1/ Gula aren + air + serai, memarkan + pandan. Sedap dicampur ke dalam minuman teh atau air jeruk hangat.
 
2/ Gula aren + jahe merah. Beli di los jamu karena jarang di tukang sayur. Jika suka lebih ‘hangat’ lagi, pakai jahe emprit. Tidak perlu dibakar sebagaimana untuk masakan. Enak untuk kopi.
 
3/ Gula pasir + daun jeruk. Tidak dianjurkan untuk dicampur aroma lain karena sudah sangat wangi. Enak untuk es cincau atau teh hangat.
 
4/ Gula aren + kayu manis + cengkih. Enak untuk air jeruk hangat. Jaga agar cengkihnya tidak mendominasi agar tidak beraroma mirip aroma tembakau.
 
Kebanyakan dari resep di atas mensubstitusi gula pasir dengan gula aren. Indeks glikemiknya lebih rendah sehingga lebih baik bagi penderita diabetes. Gula aren juga lebih murni karena tidak melalui proses refinasi sebagaimana gula pasir dalam pengolahannya.
 
Simpan di dalam botol dan taruh di kulkas bersama bahan-bahannya tanpa perlu disaring. Ar gula jadi lebih wangi! (f)

Baca juga: 

7 Makanan Yang Bisa Dibuat Menggunakan Waffle Maker
Tip Membuat Salad Jadi Lebih Nendang

 

Trifitria Nuragustina


Topic

#drinkrecipe, #simplesyruprecipe

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.