Snacks
Resep Martabak 4 Topping yang Lezat

19 Mar 2017

Foto: Hermawan

Martabak manis kekinian yang disajikan tanpa dilipat. Topping-nya berlimpah dan bervariasi dalam satu martabak. Adonannya tidak melewati proses fermentasi berjam-jam seperti halnya gaya klasik, sehingga tidak terlalu berongga dan lebih tipis.

Tip untuk membuat resep Martabak 4 Topping adalah mengoles wajan dengan minyak menggunakan tisu dapur bertujuan agar lebih merata dan permukaan kulit martabak mulus.  Pastikan wajan martabak benar-benar panas saat menuang adonan.  
Bahan:
1 sdm minyak sayur, untuk mengoles
2 sdm gula pasir
2 sdm mentega tawar
Susu kental manis

Martabak:
400 ml susu cair
120 g gula pasir
2 butir telur ayam
2 sdt ekstrak vanilla
1 sdt garam
260 g tepung terigu serbaguna
60 ml minyak sayur
2 sdt ragi instan
½ sdt baking powder

Topping:
Selai cokelat hazelnut
Marshmallow
Selai kacang
Meises
Wafer salut cokelat green tea, cincang kasar
Keju cheddar, parut
 
1/ Panaskan wajan martabak di atas api sedang. Olesi wajan dengan minyak menggunakan tisu dapur. Sisihkan dengan api masih menyala agar wajan panas sekali.

2/ Martabak: Kocok rata susu, gula, telur, garam, dan ekstrak vanilla menggunakan mixer atau whisk. Masukkan tepung dan minyak, kocok hingga menjadi adonan yang licin.  Tambahkan ragi dan baking powder, aduk rata.

3/ Tuang 1/3 bagian adonan ke dalam wajan. Ratakan dengan sendok makan untuk membentuk bagian pinggiran kulit.

4/ Masak hingga permukaan adonan mengeluarkan gelembung udara. Kecilkan api. Taburi dengan 1/3 bagian gula pasir. Tutup. Masak hingga matang merata (± 5 menit). Angkat.
 
5/ Keluarkan martabak dari wajan. Olesi dengan mentega dan tuangi susu kental manis. Potong menjadi 4 bagian.
 
6/ Beri topping berbeda ke setiap bagian potongan (nutella dengan marshmallow, selai kacang dengan meises, wafer cokelat green tea, dan keju parut). Bila suka, taungi lagi dengan susu kental manis. Sajikan. (f)


TINGKAT KESULITAN  : **
PERSIAPAN : 15 MENIT
LAMA MEMASAK : 30 MENIT
UNTUK  : 12 POTONG
KALORI PER POTONG : 483 KKAL


Theofilia Viyoshi Bangun


Topic

#martabak

 

polling
Dana Darurat

Idealnya, kita memiliki tabungan khusus untuk situasi darurat, yang biasa disebut dengan dana darurat. Jumlahnya, setidaknya 3 kali pengeluaran bagi lajang, sedangkan bagi mereka yang sudah berkeluarga diharapkan memiliki dana darurat sebesar 6 kali penge

Apakah Anda memiliki dana darurat?