Sex & Relationship
Wanita Butuh 1 Jam untuk Memilih Baju, tapi Hanya Butuh 15 Menit untuk Memilih Kontrasepsi. Benarkah?

24 Apr 2018


Foto : dok: Pexels

Ketika dihadapkan pada urusan kesehatan reproduksi seperti usia menikah, jarak antara kelahiran, dan keputusan untuk memiliki berapa banyak anak, seringkali wanita menjadi bimbang. Terkadang kekangan stereotipe, mitos, dan kultur budaya, membuat wanita sulit lepas dan menentukan pilihannya sendiri.

“Padahal seorang wanita harus menyadari hak dalam menentukan keputusan terkait dirinya dan tubuhnya, antara lain tentang kehamilan dan memiliki anak,” ungkap Febria Indra Hastati, M.Psi, psikolog, di sela-sela acara peluncuran website moth3rs.com dari Andalan.

Terkait dengan perencanaan keluarga ini, wanita pun perlu paham tentang metode kontrasepsi yang tepat untuk menunjang aktivitas dan kesibukannya. Sebuah penelitian telah mengkonfirmasi bahwa kemampuan wanita untuk menggunakan kontrasepsi, dan menentukan apakah dan kapan memiliki anak, dapat meningkatkan kesempatan mereka untuk memperoleh pendidikan dan pekerjaan yang mereka inginkan.

“Sudah seharusnya wanita masa kini mempunyai perencanaan kehamilan. Dalam hal ini kontrasepsi memiliki peran terpenting, itu sebabnya setiap wanita memiliki hak untuk mengetahui, mempelajari dan memutuskan metode kontrasepsi yang tepat bagi mereka. Karena penggunaan kontrasepsi akan bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan reproduksi wanita, tapi juga masa depan keluarganya,” ungkap dr. Dinda Derdameisya Sp.OG dari Brawijaya Healthcare.

Sayangnya, wanita masih terkesan asal pilih ketika berbicara tentang kontrasepsi. Sebuah riset menyebutkan bahwa rata-rata wanita menghabiskan waktu kurang dari 15 menit untuk memutuskan memilih metode kontrasepsi. Dibandingkan ketika akan memilih baju yang dikenakan, wanita bisa membutuhkan waktu 1 jam. Agar tak gegabah dan asal pilih kontrasepsi, coba perhatikan dua hal penting ini:

1/ Pilih kontrasepsi yang sesuai dengan kenyamanan dan kepribadian Anda. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang kontrasepsi yang akan Anda gunakan. Bisa bertanya pada sesama pengguna kontrasepsi atau lewat website tepercaya tantang kontrasepsi seperti moth3rs.com. Rencanakan pilihan kontrasepsi modern yang sesuai untuk Anda.

2/ Konsultasi ke dokter spesial obstetri dan ginekologi atau Bidan, setelah menemukan metode kontrasepsi yang Anda pilih. Karena mereka dapat membantu Anda menyarankan apakah kontrasepsi tersebut cocok atau tidak berdasarkan gaya hidup dan kondisi kesehatan Anda. (f)

Baca Juga: 
Hari Populasi Sedunia, Akses Alat Kontrasepsi Sebaiknya Dipermudah Atau Dipersulit?
3 Kontrasepsi untuk Menunda Kehamilan dan Efek Sampingnya
5 Pilihan Kontrasepsi untuk Cegah Kehamilan



Faunda Liswijayanti


Topic

#kontrasepsi , #keluargaberencana

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.