Sex & Relationship
Mengakhiri Hubungan dengan Harmonis di Media Sosial

5 Jun 2018


Dok. Christiana Rivers / Unsplash

Bukan hal baru di era serba digital ini, banyak pasangan menunjukkan kemesraan hubungan mereka di media sosial. Maklum saja, sekarang ini media sosial sudah seperti etalase kehidupan, dimana banyak orang membagi apapun yang terjadi pada diri mereka di platform ini.
 
Lantas bagaimana jika hubungan antar pasangan tersebut berakhir? Perlukah diumumkan di media sosial?
 
Mungkin kebanyakan orang akan berpikir bahwa pengumuman bubarnya sebuah hubungan di media sosial selalu diakhiri dengan drama dan bukan sesuatu yang seharusnya menjadi konsumsi publik. Namun ternyata, menurut Dr. Michelle Drouin, seorang pakar hubungan dan teknologi, mengumumkan perpisahan di media sosial adalah cara untuk langsung berterus terang dan bisa berfungsi untuk dapatkan dukurang emosional dari teman-teman.
 
“Tidak ada yang lebih membuat frustasi dibandingkan harus memberitahu orang lain tentang kejadian yang menyakitkan. Mengunggah tentang perpisahan di media sosial, seperti langsung memberitahukan ke semua orang tanpa harus mengarang cerita,” tutur Drouin lagi kepada Vogue.
 
Drouin menambahkan bahwa hal ini sudah seperti normal sosial yang umum untuk menginformasikan hal baru yang terjadi dalam hidup secara online. “Ini membuat interaksi lebih mudah dengan orang-orang yang tidak dekat dengan kita,” ceritanya.
 
Mengakhiri sebuah hubungan via media sosial tak selalu harus berakhir negatif. Setidaknya, dulu, aktris Gwyneth Paltrow dan Chris Martin mengumumkan perpisahan mereka di Instagram, justru ingin menunjukkan bahwa kendatipun mereka bercerai, hubungan di antara keduanya tetap terjalin harmonis. Mereka sengaja melakukan ini, demi kebaikan putri mereka, Apple Martin.
 
Intinya, menurut Drouin, mengumbar perpisahan di media sosial sah-sah saja. “Yang penting lakukan secara bijak. Sampaikan hal-hal yang penting saja tanpa harus menambahkan bumbu drama di dalamnya. Tentu kita tidak ingin menambah daftar musuh dengan mantan kekasih karena unggahan di media sosial kan?” tuturnya. (f)

Baca Juga :
Pacaran Sering Bertengkar, Lanjut atau Putus?
Kepungan Gadget dan Media Sosial Jadi Tantangan Pasangan Modern Sekaligus Pemicu Perselingkuhan
Jangan Terpuruk dalam Kesedihan Saat Patah Hati, Jadikan Waktu Refleksi untuk Lebih Mengenali Diri Sendiri


Citra Narada Putri


Topic

#mediasosial, #relationship

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.