Sex & Relationship
Gairah Seks Menurun Setelah Melahirkan? Ini Solusinya

17 Jul 2018


Foto: Pixabay

 

Saat hamil hingga proses persalinan, gairah seks bisa saja menurun - karena letih dan kurang nyaman dengan kondisi tubuh yang banyak berubah. Idealnya, sih, pasca melahirkan, gairah seks akan kembali meningkat.

Tetapi, ada beberapa kasus, bahkan setelah setahun persalinan, gairah seks tidak kunjung naik, malahan makin lama makin menghilang. Keluhan yang kerap muncul adalah vagina seperti sempit, padahal sudah foreplay dan dibantu lubricant.

Menurut dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG, k
ondisi ini tergolong wajar. Banyak hal yang mungkin menjadi penyebab, di antaranya adalah kondisi selama masa hamil dan melahirkan. Di beberapa kasus, dibutuhkan bantuan seorang dokter untuk membantu menelusuri kemungkinan faktor penyebabnya. 

Ada faktor fisik dan faktor psikologis yang mungkin melatarbelakanginya. Faktor fisik biasanya berhubungan dengan kondisi hormonal dan dapat terjadi selama proses kehamilan, proses persalinan yang mengalami komplikasi berat seperti perdarahan hebat, serta kondisi setelah kehamilan, seperti menyusui dan penggunaan obat hormonal untuk pencegah kehamilan.

Faktor psikologis sangat berhubungan dengan peristiwa yang dialami selama proses kehamilan, persalinan, dan kondisi hubungan antara istri, suami, dan bayi setelah persalinan. Pasti ada jalan keluar untuk masalah ini. Libatkan suami agar mau berkonsultasi bersama dan membuka diri untuk memecahkan masalah tersebut. (f)



Topic

#seks, #pernikahan

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.