Sex & Relationship
7 Hal Remeh Temeh Yang Menghalangi Kepuasan Bercinta

7 Sep 2017


Foto: Fotosearch

Mungkin Anda pernah meminta pasangan lebih perlahan dalam aktivitas bercinta karena saat dia sedang semangat tiba-tiba Anda malah mengkhawatirkan hal lain dan tak lagi fokus.

Menurut Megan Fleming, PhD, psikolog klinis berlisensi yang merupakan praktisi terapi seks di New York, itulah yang disebut intrusive thoughts. “Kita tidak ingin memikirkannya tetapi terpikirkan,” ujar Megan.

Tujuh hal ini bisa jadi hal-hal remeh namun bisa menghalangi kepuasan bercinta Anda.
 
“Saya perlu memuaskan pasangan lebih dari ini.”
Sangat penting untuk mendahulukan kepuasan Anda sebelum Anda berpikir untuk memuaskan pasangan. “Self care isn’t selfish,” ujar Megan.

Jadi, daripada sibuk memikirkan apa yang harus Anda lakukan agar membuat pasangan lebih puas lagi, fokuslah pada apa yang membuat Anda relaks dan terus bergairah.

Dengan begitu, pasangan akan merasakannya dan ikut terangsang. Semakin terhubung Anda dengan pasangan maka kualitas bercinta akan lebih baik.
 
“Saya tidak ingin lagi bercinta.”
Jika Anda sampai merasa tidak ingin bercinta lagi, berarti ada yang salah dengan aktivitas seks Anda dengan pasangan. Jangan sampai hubungan seks hanya rutinitas yang ‘wajib’ Anda lakukan.

“Ketahui apa yang membuat Anda bergairah dan gunakan itu,” saran Megan. Misalnya Anda senang dipijat oleh pasangan, mintalah ia memijat Anda agar Anda kembali bergairah berkat sentuhan tangannya yang membuat Anda relaks.

Megan juga mengingatkan Anda untuk memprioritaskan foreplay karena itu sangat membantu meningkatkan gairah.
 
“Saya harap dia bisa lebih baik.”
Jika Anda merasa bosan saat bercinta, bicaralah! Anda perlu menyampaikan ini kepada pasangan. Jika Anda tidak nyaman dalam posisi tertentu, sampaikan hal itu kepada pasangan agar ia tidak terus memilih posisi tersebut dan membuat Anda hilang gairah. Anda juga bisa memberikan saran kepada pasangan untuk melakukan hal yang membuat Anda sangat nyaman atau sangat terangsang.
 
“Rasanya seperti di Sahara.”
Anda mungkin bukan tipe orang yang senang menggunakan lubrikan (pelumas), tetapi, jika kondisi vagina memang kering, tidak ada salahnya Anda menggunakan lubrikan sesekali untuk mendapatkan kenyamanan.

Ghodsi, MD, board certified OB/GYN di Los Angeles yang juga aktif di American College of Obstetrics and Gynecology mengatakan, ada banyak penyebab vagina kering, termasuk stres, perubahan hormon, dan obat-obatan yang sedang Anda konsumsi. Sesekali menggunakan lubrikan tidak masalah, namun jika vagina Anda selalu kering, Anda perlu berkonsultasi dengan ahli agar mendapat penanganan tepat.
 
“Duh, Sakit.”
.Segera sampaikan kepada pasangan jika Anda merasakan sakit saat berhubungan seks. Jika sakit berlanjut, segera periksa ke dokter sebab hal ini pasti sangat menganggu.

“Anda harus berkomunikasi dengan pasangan, apa yang membuat nyaman dan tidak nyaman agar hubungan seks bisa menjadi pengalaman yang dinikmati berdua,” ujar Ghodsi.
 
“Saya masih punya banyak pekerjaan rumah. Semoga kali ini tidak terlalu lama.”
So little time, so much to do! Hal ini normal dialami banyak wanita. Namun memikirkan hal-hal lain yang belum Anda kerjakan saat bercinta sangat tidak disarankan.

“Jangan biasakan memikirkan hal-hal lain saat sedang menikmati kesenangan,” ujar Kat Van Kirk, PhD, terapis seks dan pernikahan berlisensi. Anda perlu relaks sebelum memulai bercinta. Maka lakukan apa saja yang Anda sukai sebelum memulainya dengan pasangan. Hal ini akan membantu Anda melupakan sejenak hal-hal yang tak perlu dipikirkan saat bercinta.
 
“Jangan sampai saya menyebutkan nama mantan.”
Jika hubungan seks dengan mantan suami Anda lebih hebat dari hubungan seks dengan pasangan Anda saat ini, ada kemungkinan Anda akan berimajinasi tentang lelaki itu. Dan Anda begitu takut akan menyebut namanya saat orgasme.

Megan mengatakan, tidak ada tempat untuk rasa takut dalam bercinta. Maka hilangkan rasa takut itu maka Anda akan menikmati hubungan seks. Anda juga bisa mengurangi ketakutan dengan memberi saran bagi pasangan untuk melakukan hal yang sering dilakukan oleh mantan Anda (tanpa si dia perlu tahu itu pernah dilakukan mantan!).

Seiring waktu Anda juga akan menikmati hubungan seks dengan pasangan saat ini. (f)
 


Tenni Purwanti


Topic

#seks

 

polling
Alasan Putus

Ketika menjalin cinta, maunya, sih, hubungan berlanjut hingga jenjang berikutnya alias pernikahan. Tapi, ini tidak selalu terjadi hingga akhirnya hubungan kita dan pacar pun harus berakhir.

Apa yang biasanya membuat Anda memutuskan untuk menyudahi hubungan dengan si dia?