Sex & Relationship
5 Tradisi Unik Perayaan Valentine di Asia

14 Feb 2018


Foto: Pixabay

Tradisi merayakan hari Valentine tidak pernah luntur setiap tahun. Berbondong-bondong orang meramaikan peringatan kasih sayang tersebut. Meskipun berasal dari budaya Barat, negara-negara di Asia tidak mau kalah untuk ikut merayakannya hari yang terjadi setiap tanggal 14 Februari tersebut. Di Indonesia, perayaan Valentine dilakukan dengan saling memberikan hadiah pada kekasih, memberikan cokelat, dan ditutup makan malam romantis. Tapi, beberapa negara Asia memiliki tradisi yang menjadi ciri khas perayaan Valentine pada negara tersebut, seperti pada 5 negara berikut. Simak, yuk, siapa tahu bisa jadi inspirasi jika ingin merayakan Valentine yang berbeda.
 
Jepang


Foto: Dok. Bokksu.com
Umumnya, pemberian cokelat saat Valentine diberikan pria kepada wanita, tapi di Jepang terjadi sebaliknya. Pada hari Valentine, wanita single maupun sudah berpasangan memberikan cokelat pada pacar, teman, atau sekadar rekan kerja. Jangan dilihat sebagai hal yang romantis! Memberikan cokelat pada hari Valentine bagi orang Jepang adalah hal yang 'wajb' saat valentine.  Makna cokelat persahabatan tadi menjadi romantis ketika cokelat yang diberikan menggunakan tempat yang dibuat sendiri oleh si wanita atau yang harganya mahal. Cokelat kasual kepada pria tadi disebut giri choco, sedangkan sekotak cokelat mahal disebut honmei choco. Pemberian cokelat ini akan mendapat "balasan" pada tanggal 14 Maret nanti, ketika giliran pria memberikan wanita hadiah berupa segala sesuatu yang bernama putih. Bisa cokelat putih, marshmallows, kue, dan lainnya. Tanggal 14 Maret ini disebut sebagai Hari Putih (White Day)
 
 
Korea Selatan

Foto: Beyondhallyu.com
 
Tradisi perayaan Valentine di Korea Selatan mirip dengan Jepang, yaitu pemberian cokelat dari wanita ke pria pada tanggal 14 Februari, lalu dilanjutkan White Day tanggal 14 Maret. Bedanya, ada perayaan tambahan pada tanggal 14 April, yang disebut juga sebagai Hari Hitam (Black Day) dan ditujukan kepada para jomblo (wanita maupun pria). Para manusia single merayakan ke-jomblo-an mereka dengan mengenakan pakaian serba hitam, makan mie kacang kedelai hitam (Jajangmyeon) atau minum kopi. Pokoknya, seharian diisi dengan hal-hal berbau gelap. Wah, jomblo tampaknya dianggap sebagai sesuatu yang menyedihkan di Korea, ya.

(Klik page di bawah untuk tradisi lainnya)
 

Meiranie Nurtaeni


 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.