Health & Diet
4 Fakta Penting Antibiotik

29 May 2013

Kadang demi cepat sembuh, hanya sakit sedikit saja kita sudah mengonsumsi obat antibiotik. Padahal terlalu sering mengonsumsinya tanpa resep dokter hanya menimbulkan kerugian di tubuh kita, diantaranya:

#1 Antibiotik akan menyebabkan alergi, karena tubuh akan bereaksi terhadap zat tertentu, terutama zat kimia. Apalagi alergi ini cukup lama hilangnya, jadi sebelum mengonsumsi cek dulu kandungannya.





#2 Antibiotik yang tersisa dari resep sebelumnya—biasanya tersisa karena kita lupa mengonsumsinya—sebaiknya jangan dikonsumsi lagi. Soalnya kualitas obat yang sudah melewati masanya sudah tidak terjamin lagi.

#3 Mengonsumsi antibiotik dalam jangka waktu lama akan menyebabkan terganggunya saluran pencernaan. Pasalnya zat kimia akan mengganggu keseimbangan mikroorganisme di saluran tersebut. Ujung-ujungnya diare, deh.

#4 Keseringan mengonsumsi antibiotik akan membuat kuman dalam tubuh yang tadinya peka menjadi kebal terhadap zat kimia tertentu. Soalnya kuman pun akan berdaptasi dengan kondisi tubuh kita yang sering mengonsumsi antibiotik. Padahal saat sakit, tugas antibiotik hanya melumpuhkan kuman, sedangkan imunitas tubuhlah yang menghilangkan kuman tersebut. (SM/FOTOSEARCH)



 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.