Reviews
Film A Dog’s Purpose, Ketika Anjing Mencari Tujuan Hidup

2 Feb 2017


Foto: YouTube/ Universal Pictures

Bukan hanya kita manusia yang kadang masih suka bingung mencari tujuan hidup. Anjing juga mengalami hal yang sama. Tema ini diangkat oleh film A Dog’s Purpose.
 
Suatu hari, Ethan (Bryce Gheisar) dan ibunya (Juliet Rylance) melihat seekor anjing golden retriever terkunci di sebuah mobil. Keduanya pun menyelamatkan anjing yang terlihat sangat kehausan tersebut. Sejak saat itu, anjing yang kemudian diberi nama Bailey (Josh Gad (pengisi suara)) ini menjadi bagian dari keluarga mereka.
 
Sebagai seekor anjing, Bailey kerap kali menanyakan tujuan hidupnya. Apa sebenarnya esensi dari kehidupan yang dijalaninya. Tepat ketika dia merasa telah menemukan tujuan hidupnya, dia harus pergi dari Ethan dan keluarganya.
 
Bailey yang baru kemudian bereinkarnasi ke jenis anjing yang berbeda. Kali ini dia berada di dalam sosok anjing German Shepherd. Dari anjing rumahan dia menjelma menjadi anjing pelacak bernama Ellie, milik Carlos (John Ortiz), seorang polisi. Dia pun mempertanyakan lagi tujuan hidupnya.
 
Sebagai Ellie, dia juga tidak bertahan lama dengan pemilik barunya. Dia tewas tertembak penjahat dan kemudian bereinkarnasi kembali. Barulah ketika dia bereinkarnasi di kehidupan keempatnya dan bertemu dengan pemilik pertamanya, Ethan (Dennis Quaid), dia menemukan apa sebenarnya tujuan hidup dari seekor anjing.
 
Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya W.Bruce Cameron ini tidak memiliki klimaks namun bukan berarti datar. Jalinan cerita dan kemampuan akting para anjing yang terlibat membuat chemistry yang baik antara mereka dengan para aktor yang menjadi pemiliknya. Meskipun tidak membuat kita bercucuran air mata seperti film Hachiko: A Dog’s Story, tapi banyak momen di film ini yang akan membuat kita tersentuh.  
 
Sayangnya, A Dog’s Purpose sempat diwarnai kabar tidak enak. Disebutkan bahwa telah terjadi tindakan abusive terhadap anjing pemeran Ellie (aslinya bernama Hercules) ketika film ini dibuat. Beredar sebuah video, Hercules sedang dipaksa masuk ke dalam air. Namun hal tersebut dibantah oleh para pembuat film ini.
 
“Ketika hari kita seharusnya syuting, Hercules sedang tidak ingin berakting, jadi kami tidak melanjutkan syutingnya. Hercules sekarang bahagia dan sehat,” ucap rumah produksi, Amblin Entertainment dan distibutor, Universal Pictures melalui pernyataan resminya.
 
A Dog’s Purpose bisa disaksikan di bioskop CGV mulai Jumat, 3 Februari 2017. (f)

Baca Juga:


Yani Lauwoie


Topic

#resensifilm