Reviews
Along With The Gods: The Last 49 Days, Tentang Penyesalan yang Terbawa Sampai Mati

22 Aug 2018

Film ini menjadi terlaris tahun ini di negera asalnya, Korea Selatan. Sejak diputar 1 Agustus lalu, sudah mengumpulkan 11,5 juta penonton di bioskop Korea Selatan saja. 

Jika Anda penasaran pada film yang diangkat dari manhwa (komik korea) dan webtoon karya Joo Ho-min ini, baiknya Anda menonton film sebelumnya, karena film ini adalah sekuel dari film Along With The Gods: The Two Worlds. Cerita keduanya saling berkaitan. Bakal bingung kalau tidak menonton film pendahulunya.

Kalau Anda sudah menonton, Anda akan segera mengenali tiga tokoh utamanya, Gangrim (Ha Jung-woo), Haewonmaek (Ju Ji-hoon), dan Duk Cheon (Kim Hyang-gi), yang mengawal arwah Soo-hong (Kim Don-wook), seorang suri tauladan agar bisa melewati tujuh pengadilan di akhirat.

Masalahnya, meski memegang kartu suri tauladan, tapi Soo-hong sempat menjadi arwah penasaran yang mengacaukan bumi dan akhirat. Ketiga pengawalnya harus berjuang mati-matian membela Soo-hong, mempertaruhkan kesempatan mereka untuk bisa bereinkarnasi.
 
Selain harus bisa membuktikan kalau Soo-hong terbebas dari hukuman karena menjadi arwah penasaran, ketiga pengawal itu harus bisa menjemput seorang pria tua yang seharusnya sudah mati sejak lama. Jadilah tim ini berpencar, Gangrim mengawal Soo-hong melewati pengadilan-pengadilan, sementara Haewonmaek dan Duk Cheon ke Seoul. 

Namun, tak semudah yang disangka, sang kakek ternyata dilindungi oleh seorang peri rumah (Ma Dong-seok) yang tak tega pada anak kecil yang bakal sebatang kara kalau ditinggal mati sang kakek. Tak disangka, dari peri rumah itu mengetahui rahasia masa lalu Gangrim, Haewonmaek, dan Duk Cheon. Ternyata alasan Gangrim ngotot membela Soo-hong lahir dari pengalaman pribadinya, yang mengalami penyesalan mendalam yang terbawa sampai mati. 

Cerita yang disampaikan dengan alur maju mundur ini mungkin akan membuat Anda pusing merangkai dan menemukan kaitan satu cerita dengan cerita yang lain. Pembelaan Gangrim di pengadilan akhirat pun sulit ditebak arahnya. Untungnya di akhir film teka-teki yang meliputi benak penonton di film sebelumnya akan terjawab. Jelaslah kalau sekuel ini bermaksud mengungkap latar belakang ketiga pengawal itu. 

Tapi, sang sutradara Kim Yong-hwa dengan jelas memberi petunjuk meski latar belakang ketiga pengawal itu terungkap, pekerjaan mereka belum berakhir. 'Klien' baru sudah menanti, yang tak lain adalah tentara Won Il-byung yang diperankan oleh Do kyung-soo atau lebih dikenal sebagai D.O EXO.

Belum dipastikan kapan seri ketiga dan keempat akan dibuat dan tayang. (f) 

Baca Juga:

Along With The Gods: The Two Worlds, Ini 5 Alasan Larisnya Tontonan Tentang Drama Setelah Kematian
Tampil di Film Laris Along With the Gods: The Two Worlds, Pembuktian D.O ‘EXO’ Sebagai Aktor

Nuri Fajriati


Topic

#review, #koreancorner