Reviews
5 Film Ini Akan Mengajarkan Anda Tentang Toleransi

29 Dec 2018

 

Malcom X (1992)

Film yang disutradari Spike Lee dan diperankan Denzel Washington ini berbicara banyak tentang stereotip ras, agama, dan isu kemanusiaan. Film yang berdasarkan kisah nyata ini menggambarkan diskriminasi kulit hitam (ras Afro-America) di Amerika pada tahun 1920-an hingga 1960-an.

Adegan paling membekas di ingatan saat Baines mengajarkan Malcom X mengenai simbolisme kata hitam dan putih dalam kamus. Hitam dianggap kegelapan dan kejahatan, sementara putih dianggap pencerahan dan kebaikan.

Dikotomi hitam putih ini pun menjadi prasangka yang kuat untuk membedakan warga Amerika yang berkulit hitam (atau campuran) dan putih. Pembedaan yang menimbulkan penguasaan untuk kulit putih dan diskriminasi untuk kulit hitam.

Dalam film tersebut digambarkan perjuangan Malcom X untuk menuntut dihapusnya diskriminasi tersebut, termasuk saat ia dimanfaatkan Elijah Muhammad yang menggunakan kepandaian Malcom X berpidato untuk mendongkrak  popularitas Elijah dan ajaran Islam-nya yang sesat di Amerika.

Malcom X, yang direpresentasikan sempat melakukan ibadah haji, kemudian membuat pernyataan untuk menentang ajaran sesat Elijah, namun akhirnya terbunuh oleh anak buahnya sendiri. Berkulit hitam, lahir sebagai Afro-America dan beragama Islam (moderat) menjadikan Malcom X sebagai pejuang diskriminasi kulit hitam yang saat itu penuh prasangka dan stereotip.

Film ini menggambarkan dengan baik betapa identitas manusia sering kali terkotak-kotak, baik dari warna kulit, ras, maupun kelompok agama (dan bahkan subagama) sehingga memunculkan konflik yang berakibat terampasnya hak-hak kelompok yang ‘kalah'. (f)

Baca Juga:

Film Keluarga Cemara, Perayaan Cinta untuk Keluarga

Orang Indonesia Suka Film Horor?


Topic

#film, #review

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?