Reviews
5 Film Ini Akan Mengajarkan Anda Tentang Toleransi

29 Dec 2018


Ngenest (2015)
 
Diangkat dari novel karya Ernest Prakarsa berjudul sama, film Ngenest ini (menurut pengakuan Ernest, sih, tidak sengaja) membuka mata masyarakat Indonesia bagaimana dampak stereotip yang terus-menerus dilekatkan pada etnis  Tionghoa di Indonesia. Menonton film ini penonton dapat melihat dan memahami posisi sulit yang dihadapi oleh keluarga Tionghoa di Indonesia.
 
Disajikan dalam bentuk komedi, Ngenest bercerita tentang kehidupan Ernest sejak kecil hingga dewasa yang kerap mengalami bully dan diskriminasi, karena ia terlahir sebagai Tionghoa. Terdorong untuk mengubah nasib keturunannya, ia bertekad menikah dengan wanita bukan Tionghoa.
 
Dari situlah berbagai pengalaman lucu dan haru timbul. Salah satunya saat ia ditolak orang tua kekasih yang berasal dari etnis Jawa/ Sunda, juga ketika ia ketakutan menghadapi kelahiran anaknya. Lewat tokoh Ernest, film ini mengupas cerita bagaimana menjadi Tionghoa adalah persoalan di Indonesia.

Crash (2005)

Lewat tokoh-tokoh dalam film, Paul Haggis yang menulis dan menyutradarai film terbaik Oscar 2006 ini menyoroti 36 jam kehidupan warga Los Angeles yang majemuk, melalui kisah seorang jaksa yang mencari dukungan politik dengan memainkan isu rasial.
 
Telanjur mendapat cap negatif, dua pemuda kulit hitam malah memanfaatkan ketakutan itu untuk merampok pengendara mobil. Seorang sutradara berkulit hitam mendapat protes dari istrinya karena dianggap tidak membela komunitas kulit hitam terutama tentang tindakan polisi kulit putih yang rasial.

Di sisi lain, seorang polisi berkulit putih mengalami kesulitan saat berusaha membuktikan bahwa ia tidak rasis.

Dengan apik, Crash membeberkan bagaimana prasangka yang lahir dari stereotip terhadap ras lain menimbulkan gesekan dalam masyarakat sekaligus dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi. Sebuah masalah sosial yang sudah lama disadari dan masih terjadi hingga kini, bahkan di negara yang menggembar-gemborkan persamaan hak antarmanusia sekalipun.
 

Nuri Fajriati


Topic

#film, #review