Profile
Setelah Tujuh Tahun, Mata Najwa Berhenti Tayang, Najwa Shihab: Saya Bangga Jadi Wartawan

10 Aug 2017


Wanita Indonesia harus Pede
Menurut saya, wanita Indonesia sayangnya terkadang suka underestimate kemampuan sendiri. Banyak orang mengatakan, wanita jarang diberi kesempatan maju. Padahal, menurut saya, kesempatan itu ada, tapi kita sendiri yang tidak percaya diri untuk merebut kesempatan itu. Sebenarnya itu bukan hanya tipikal wanita Indonesia.

Saya setuju dengan Sheryl Sandberg dalam bukunya Lean In tentang wanita di Amerika Serikat. Misalnya, pria fresh graduate di sana cukup percaya diri untuk nego gaji pekerjaan pertamanya. Sementara yang wanita,merasa sudah bagus dapat pekerjaan, enggak apa-apa, deh, digaji berapa pun akan diambil.

Mungkin wanita tidak cukup pede bahwa sesungguhnya kita bisa, mampu, dan punya kekuatan.Itulah barrier kita. Padahal, apa yang dimiliki pria yang tidak kita miliki? Malah, sebagai wartawan kita punya banyak advantage. Tingkat empati lebih tinggi, lebih sensitif, lebih mau mendengarkan, lebih bisa merasakan, dan memiliki kemampuan lobi yang lebih baik.

Di Mata Najwa, tim kami selalu berusaha mendapatkan narasumber wanita, meski sulit. Karena memang tempat itu harus diberikan, dan kalau bukan kita, media, yang memberikan, siapa lagi? Biar mereka terlihat dan menjadi inspirasi bagi wanita lainnya.

Selanjutnya: Menebar Pengaruh Baik
 


Topic

#NajwaShihab, #presenter

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?