Profile
Setelah Tujuh Tahun, Mata Najwa Berhenti Tayang, Najwa Shihab: Saya Bangga Jadi Wartawan

10 Aug 2017


 
Saya Bangga pada Indonesia
Sebagai wartawan, saya beruntung bisa terlibat langsung dalam pemilu 2004, 2019, dan 2014. Apalagi saya di desk hukum dan politik. Apa yang terjadi pada pemilu lalu, membuat saya bangga dan bahagia, karena jauh berbeda dengan 2 pemilu sebelumnya. Semua orang begitu antusias ingin terlibat.

Saya kini berharap appetite orang tidak akan berkurang terhadap politik. Karena masyarakat yang concern terhadap politik adalah sehat. Mereka tidak melihat politik dari sekadar permainan elite, tapi juga bagaimana terjadinya proses pengambilan kebijakan publik.

Setelah reformasi 1998, saya merasa masyarakat kita benar-benar tune in, peduli, mau tahu, dan mau terlibat. Dan itu mengasyikkan. Bahkan, Mata Najwa yang sudah beberapa kali kami gelar di kampus-kampus di Indonesia, selalu dipenuhi pengunjung. Sungguh menggetarkan melihat betapa banyak orang yang antusias datang untuk menonton dan mendengarkan talk show, yang ngomongin politik pula!

Meski menarik, rasanya saya belum siap terjun langsung ke dunia politik dan jadi bagian dari pemerintah. Menurut saya, apa yang hingga kini saya lakukan di media, manfaatnya akan jauh lebih banyak, karena kekuatan media itu luar biasa. Jadi, kalau bicara politik sebagai instrumen yang bisa memengaruhi kebijakan publik dan persepsi masyarakat, sesungguhnya kekuatan untuk melakukan perubahan itu sudah dilakukan oleh media.

Flattering memang jika ada yang menganggap saya cocok membantu presiden, menjadi menteri misalnya. Tapi, sepertinya akan lebih bermanfaat jika saya di media. Bahkan, jika diminta pun saya sepertinya tetap akan memilih jadi wartawan. Karena, ketika saya diwawancara Deddy Corbuzier di Hitam Putih, sempat deg-degan juga saat ditanya masalah pribadi.

Selanjutnya: Najwa 5 Tahun Lagi
 


Topic

#NajwaShihab, #presenter

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?