Profile
Muna Jama, Peserta Kontes Kecantikan yang Mengenakan Kaftan Pada Sesi Baju Renang

9 Aug 2017


Foto: Instagram/@ms_munajama

Bagi sebagian orang, kontes-kontes kecantikan mungkin hanya sebuah kompetisi yang lebih mengandalkan kehebatan fisik. Namun, sebuah momen di kontes  kecantikan Miss Universe Great Britain baru-baru ini membuktikan kompetisi kecantikan bisa juga melahirkan inspirasi.

Muna Jama, kontestan Miss Universe Great Britain (MUGB) yang juga merupakan seorang muslim,  berhasil meyakinkan panitia MUGB bahwa dirinya tidak akan mengenakan pakaian renang di kontes pakaian renang. Sebaliknya, pada kontes yang diadakan pada pertengahan Juli 2017 lalu dan mencari pemenang yang akan mewakili Inggris di ajang Miss Universe ini, Muna akan memakai kaftan pada sesi tersebut. Tidak hanya saat penilaian, bahkan ketika berjalan di atas panggung, di antara para kontestan yang mengenakan baju renang, Muna tampak percaya diri berjalan mengenakan kaftan.

Kepada Metro UK, wanita 27 tahun tersebut, mengungkapkan,”Saya tidak akan mengenakan bikin ke pantai, dengan begitu, saya juga tidak akan mengenakan bikini pada sebuah kompetisi hanya demi mendapatkan nilai.”

“Kontes-kontes kecantikan seperti ini sering diasosiasikan dengankecantikan fisik dan modeling, tapi beberapa tahun belakangan, juga telah menjadi suatu tempat bagi wanita untuk melakukan suatu hal yang berbeda.”

Dengan keputusannya tersebut, Muna Jama menjadi wanita pertama sepanjang sejarah yang mengenakan kaftan pada sesi baju renang. Tindakan wanita berdarah Somalia tersebut juga semakin mengagumkan karena kompetisi Miss Universe diprakarsai oleh Donald Trump.

Sementara pada instagramnya, Muna menuliskan rasa bangga pada momen tersebut:

"Butuh keberanian, pertahanan emosi yang kuat, dan yang terpenting, ada di antara orang-orang dengan pemikiran kuat yang siap membuat pengorbanan untuk menerima perubahan yang permanen dan positif. Saya mungkin tidak bisa mengembalikan sebuah momen dalam hidup saya tapi saya yakin sebuah momen tidak akan pernah mendikte siapa saya. Saya akan selalu tampil di luar dugaan dan menyingkirkan batasan-batasan Anda. Anda adalah apa yang Anda katakan tentang diri Anda, dan imajinasi (pemikiran) Anda bisa menjadi musuh Anda yang paling buruk kecuali Anda mengatasi ketakutan Anda. Hati-hati dengan apa yang Anda pikirkan tentang orang lain karena bisa menggambarkan orang seperti apa Anda sesungguhnya. Selalu berusaha menjadi orang yang lebih baik lagi, dan suatu hari kita bisa mendapatkan dunia yang lebih baik."

"Momen seperti ini membuktikan bahwa saya dapat melakukan hampir semua yang saya harapkan dan batasan-batasan hanyalah status yang sedang menunggu untuk diubah. Saya berterima kasih kepada setiap orang yang selalu berada bersama dan mempercayai saya."
 









 
Muna memang tidak memenangi kontes MUGB. Pemenang MUGB adalah Anna Burdzy, wanita berusia 25 tahun asal kota Leicester, Inggris. Namun, kehadiran dan pilihan Muna pada kontes kencantikan terkemuka di Inggris tersebut bisa menjadi suatu sinyal/simbol untuk sebuah perubahan. Perubahan, terutama pada kontes-kontes kecantikan, di mana pun untuk lebih menghormati dan menghargai berbagai keragaman budaya dan keyakinan di seluruh penjuru dunia.

Siapa Muna Jama dan apa prestasinya hingga bisa mengikuti  kontes Miss Universe Great Britain? Klik laman di bawah untuk membaca cerita selanjutnya.
 

Meiranie Nurtaeni


Topic

#konteskecantika, #missuniverse, #munajama

 

polling
Alasan Putus

Ketika menjalin cinta, maunya, sih, hubungan berlanjut hingga jenjang berikutnya alias pernikahan. Tapi, ini tidak selalu terjadi hingga akhirnya hubungan kita dan pacar pun harus berakhir.

Apa yang biasanya membuat Anda memutuskan untuk menyudahi hubungan dengan si dia?