Profile
Marini Putri Habibie, Guru Memasak Raisa, Yang Punya Trik Ampuh Membuat Anak Melek Gizi

17 Oct 2018

 

HANDS ON VS DEMO
 
Tidak sedikit studi yang membuktikan bahwa anak pintar memasak akan lebih menyadari pentingnya makanan sehat. Penelitian lain mengatakan bahwa pelajaran nutrisi yang dibarengi kegiatan memasak akan lebih efektif mengubah preferensi makan anak dibandingkan hanya sekadar penyuluhan nutrisi.
 
Eksperimen saya pada siswa SMP ini hadir dalam bentuk kedua metode, yakni membandingkan metode active learning atau hands on dan passive learning atau cooking demo. Tujuannya untuk mengetahui metode mana yang lebih efektif mengubah perilaku.
 
Dalam rentang waktu sebulan, kedua kelompok akan mengikuti empat kelas memasak bermenu sama. Sejalan dengan konsep active learning, siswa dalam kelompok hands on secara aktif terlibat memasak, sama seperti pada kelas LadyBake Cooking Class. Mereka memilih bahan, mengupas, memotong, hingga memasaknya di atas tungku.
 
Diskusi pun berlangsung spontan ketika mereka menemukan kendala. Pertanyaan seputar, “Ini bahan apa?”, “Bagaimana cara memotongnya?”, dan sebagainya, secara otomatis meluncur dari mulut para remaja ini. Di sela menjawab pertanyaan mereka, saya menyelipkan edukasi tentang nutrisi.
 
Di kelompok siswa passive learning yang melakukan cooking demo, mereka mengikuti pelajaran memasak layaknya menonton acara masak di televisi. Hanya melihat guru masak mempraktikkan masakannya di depan kelas. Mereka tidak turut memasak dan hanya diberi contoh sambil diberikan pengetahuan nutrisi.
 
Antusiasme kelas-kelas ini tampaknya tidak sebesar di kelas hands on. Namun demikian, cukup banyak lontaran pernyataan mengejutkan dari para murid yang membuat saya tertawa. Misalnya, “Kak, kalau aku jualan nanti, Kakak harus langganan, ya!” Jiwa wirausaha dari generasi Z ini memang begitu tampak.
 


Topic

#Profil, #HomeCook, #LadyBakeCookingClass, #PutriHabibie

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?