Pusat
kebugaran yang terus bermunculan sekan memaksa kita agar mulai
menerapkan gaya hidup sehat. Apalagi mbak/mas sales-nya jago merayu
untuk merekrut anggota baru. Bikin kita susah menolak membership
selama setahun.
Nah,
sebelum Anda terjebak setelah bergabung di sana sementara iuran
keanggotaan nggak bisa dikembalikan, tanyakan dulu pertanyaan
berikut....
1.
Apa tujuan saya?
Kalau
tujuan kita cuma menurunkan berat badan, nggak perlu, tuh, memaksakan
diri harus memakai semua fasilitas di gym. Pilih yang sesuai
kebutuhan aja, deh.
2.
Apakah lokasinya nyaman?
Pilih
tempat kebugaran yang jaraknya dekat dari kantor atau rumah. Dengan
begitu lokasi bukan lagi penghalang bagi kita untuk berlatih.
3.
Sanggupkah membayar keanggotaannya?
Kalau
cuma memanfaatkan free trial, sih, nggak perlu bingung. Jika ingin
melanjutkan, baru pikirkan soal pembayarannya. Biasanya, nih,
pembayyaran keanggotaan per bulan lebih mahal dibanding tahunan.
Tapi, buat yang 'angin-anginan', rugi banget kalau langsung membayar
keanggotaan setahun penuh!
4.
Apa yang saya dapat?
Cari
tahu sedetail mungkin apa yang termasuk dalam biaya keanggotaannya.
Jangan sampai handuk yang kita pakai untuk mandi di-charge nantinya!
Pastikan juga janji manis sales-nya tertulis dalam kontrak. Kalau
bisa nego, sih, bakal lebih menguntungkan lagi, he he he.
Ask Them…
Pastikan Anda paham persyaratannya plus harga keanggotaan (sebenarnya) setelah periode promosi selesai.
2. Apakah keanggotaan diperbaharui secara otomatis?
3. Apakah saya bisa membatalkan kontrak?
4. Bagaimana kalau tempat ini bangkrut?