Pameran
Kembali Mengenalkan Seni Kain Tradisional Kepada Masyarakat Urban

9 May 2019

Kain-kain tradisional aneka warna dan motif tergantung di langit-langit Museum Tekstil pada akhir April lalu. Menarik mata siapapun yang datang untuk melihat-lihat kain dari berbagai daerah yang kaya akan cerita tersebut.

Kain-kain ini sengaja dipamerkan dalam acara Pameran Seni Olah Kain : Langgam Urban Menyelaras Tradisi sebagai salah satu bentuk perayaan komunitas Kreativita Bina Hasta yang ke-5. Kreativita Bina Hasta adalah komunitas seni yang fokus berkarya di media kain dengan mengusung konsep upcycle, yaitu mengolah benda-benda tak terpakai menjadi sesuatu yang baru tanpa mengubah bentuk aslinya.

Tak hanya memamerkan kain-kain cantik penuh warna, acara ini juga memberikan makna lebih kepada siapapun yang jatuh cinta dengan kain nusantara, dengan mengadakan sejumlah kegiatan yang diadakan selama 3 hari, mulai 26 sampai 28 April di Museum Tekstil, Jakarta. Seperti acara diskusi yang membahas berbagai macam hal tentang kain dan seluk beluknya. Mulai dari tantangan yang dihadapi para penenun kain di era modern hingga teknik-teknik olah kain dengan pewarna alami. Antara lain ikat celup, tritik jumputan, botanical print, hingga teknik kain dari luar negeri seperti  teknik arashi dan itajime dari Jepang.

Selain itu ada pula seminar mini tentang kain. Misalnya seminar oleh perancang busana Taruna K. Kusmayadi dan pemilik House of Pipie Fashion, Ulupi Hastuti, yang membahas tentang padu padan kreasi kain urban dengan kain-kain nusantara. Juga seminar yang mengenal karakter warna indigo dan teknik pencelupan kain bersama Dr. Ir. Edia Rahayuningsih, MS, Direktur GAMA Indigo dan Sancaya Rini, pemilik Kana Goods.

Guna memberikan keseruan yang lebih pada para pencinta kain, KBH sebagai penyelenggara acara juga membuat beberapa kegiatan workshop. Seperti workshop seni membuat motif marmer di atas air bersama  Linda Lookman hingga membuat boneka kecil dari benang yang dikenal dengan nama Macrame Weaving Doll. (f)

BACA JUGA :
Musim Rintik 2018 : Kolaborasi Mode, Seni, dan Edukasi
Itang Yunasz, Dian Pelangi dan 5 Desainer Busana Muslim Indonesia Terpilih Dalam Eksibisi Contemporary Moslem Fashion di San Francisco
Penyintas Kekerasan Seksual Berbicara Lewat Karya Seni di House of The Unsilenced


 

Citra Narada Putri


Topic

#pameranseni

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.