Pameran
7 Hal Tentang Yayoi Kusama, Ratu Polkadot yang Mengidap Gangguan Kesehatan Jiwa

16 May 2018


Dok. Museum Macan

 

Seminggu sebelum resmi dibuka, pameran seni pop kontemporer bertajuk Yayoi Kusama: Life is The Heart of a Rainbow telah mencuri perhatian dan menjadi pembicangan, baik oleh penikmat seni atau kalangan milenial yang tengah mengikuti tren terkini. Ketika akhirnya pameran tersebut dibuka untuk pertama kalinya tanggal 12 Mei di Museum Macan, tiket pun ludes terjual bahkan dua hari sebelum hari H.

Ini menunjukkan euforia yang besar dari masyarakat untuk mencari tahu dan melihat sendiri karya-karya sang seniman nyentrik, Yayoi Kusama, yang terkenal dengan instalasi dengan pola polkadot, jaring hingga labu aneka warna cerah yang mencolok.

Di balik karya-karyanya yang ikonis, ternyata tak banyak yang tahu bahwa seniman yang lahir pada 22 Maret 1929 ini memiliki banyak cerita dalam hidupnya. Berikut kami rangkum tujuh hal tentang Yayoi Kusama yang perlu Anda tahu.

1/ Mengidap Lebih dari 3 Gangguan Kesehatan Jiwa

Sudah sejak usia 10 tahun Yayoi kerap mengalami halusinasi. Semakin dewasa, Yayoi semakin menyadari bahwa ia juga mengidap sejumlah gangguan kesehatan lainnya seperti bipolar disorder, obsessive compulsive disorder, schizophrenia hingga Basedow’s disease.

Saat ini secara suka rela ia tinggal di rumah sakit jiwa di Tokyo, yang juga telah menjadi rumahnya sejak tahun 1977.


2/ Polkadot, Jaring dan Bunga sebagai Gambaran Halusinasi

Ketika pertama kali mengalami halusinasi, Yayoi menggambarkannya sebagai kilatan cahaya, aura warna-warni, pola polkadot hingga terdapat bunga yang bicara padanya. Tak heran jika hampir di semua karyanya disematkan elemen-elemen ini. Yayoi ingin para penikmat karyanya tahu bahwa inilah yang ia lihat dan alami ketika halusinasinya beterbangan dalam imajinya.

(Lanjut ke halaman berikutnya)

 



Citra Narada Putri


Topic

#yayoikusama, #pameran, #instalasi, #senirupa, #museum

 

polling
Pertimbangan Dalam Memilih Kartu Kredit

Belakangan ini bank makin kreatif dan gencar dalam meluncurkan kartu kredit. Mereka pun bersaing memberikan berbagai fasilitas untuk menggaet pengguna baru.