Money
Tip Berbisnis dari Ashraf Sinclair

29 Jul 2016


Foto: Dok. Cita Cinta

Nggak cuma pandai berakting, Ashraf Sinclair juga memiliki beberapa bisnis. Mulai dari restoran TGI Friday’s, Bulgogi Brothers, sampai gym CrossFit Equator Kemang. Intip tip sukses berbisnis darinya….

1.    Planning
Sebelum memulai bisnis, lakukan perencanaan yang matang.  Artinya, nih, kita harus tau apa yang mau dijual, ke mana menjualnya, dan berapa harga jualnya. Lalu segera, deh, realisasikan.

“Don’t stuck with a plan, just begin with a plan.”

2.    Pasarkan ide
Ada uang atau tidak, mulailah jalankan bisnis. Kitalah yang menciptakan uang, bukan sebaliknya. Jika minim modal, kita bisa mulai dengan menjual ide dulu.

“Kita dapat memajang ide proyek kita di web, misalnya crowdsharing. Tunjukkan dulu desain dan spesifikasinya. Begitu mencapai target tertentu, baru, deh, proyeknya jalan dan uang ditagih.”

3.    No fear
Banyak orang yang takut gagal saat mau berbisnis. Menurut Ashraf, lebih baik jika kita berani mencoba sesuatu meskipun gagal. Nantinya, nih, kita dapat belajar dari kegagalan dan berusaha lagi.
    
“Just do your business. Kalau mengalami kekurangan uang, saat itulah kita belajar untuk survive.”

4.    Kenali target market
Hal yang nggak kalah pentingnya adalah mengenal target market kita. Di luar negeri, ada beberapa resto yang memang didesain hanya untuk makan. Selesai makan, pelanggan pergi tanpa nongkrong. Sedangkan di sini, kebanyakan pelanggan hobi ngobrol, bahkan setelah makan selesai.
    
“Jika memang orang-orang di sekitar kita suka nongkrong, buat situasi dan suasana yang mendukung.”

5.    Pentingnya marketing
Semua elemen bisnis, tuh, memang penting. Mulai dari HR, administrasi, hingga finance. Namun, marketing paling penting karena berpengaruh terhadap nama brand kita.

“Manfaatkan segala media, terutama media sosial yang gratis. Targetnya adalah mengenal bisnis kita kepada sebanyak mungkin orang.”

6.    Terjun dari bawah
“Saya hobi makan sehingga tertarik berbisnis di bidang ini. Nggak heran, deh, saat salah satu resto di Malaysia buka lowongan waiter, saya mencobanya. At least saya tahu bagaimana caranya kerja dari awal di F&B ”

Untuk menekuni bisnis, sebaiknya kita memang terjun langsung dari bawah. Tujuannya, agar kita tahu proses manajemen bisnis. Begitu buka usaha sendiri, kita pun sudah punya ilmunya.

7.    Exit Plan
Untuk menentukan target balik modal, sejak awal tetapkan waktu untuk mengakhiri bisnis dan dalam bentuk apa. Misalnya, kita ingin bisnis dibuat publik, lalu dijual dalam waktu sekian tahun.

“Dengan begitu, kita ada estimasi kapan balik modal. Plus, do your finance properly.”

8.    Part of family
Salah satu kunci agar bisnis sukses adalah mendekatkan diri dengan pelanggan. Buatlah mereka merasa menjadi bagian dari keluarga. Dengan begitu, mereka loyal dan ingin terus kembali.
    
“Di TGI Friday’s, para pelayan diminta untuk menghafal nama pelanggan yang sudah balik dua hingga tiga kali. Kami ingin mereka punya pengalaman berkesan saat isi perut resto kami.” (f)


 

Vini Damayanti


Topic

#bukausaha

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.