Money
Strategi Sukses Beriklan di Instagram Ads

19 Jun 2021


Foto: Unsplash


Bagi para pebisnis UKM, saatnya memaksimalkan jangkauan penjualan lewat beriklan di Instagram Ads. Trainer Niko Atmadja memaparkan strategi apa saja yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan Instagram Ads, berikut adalah hasil paparan dari Sesi 6 Digital Marketing Online Training Facebook #SheMeansBusiness bersama dengan Wanita Wirausaha Femina, yang disiarkan langsung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital pada Selasa, 12 Januari 2021 lalu.

1/ Kenali Pemirsa Anda. Pengguna aktif Instagram jumlahnya sudah lebih dari 1 miliar, tetapi akan terlalu luas apabila promosi dikirimkan ke semua pengguna. Untuk itu, Anda perlu mengenali konsumen Anda, dan menetapkan target yang tepat pada sasaran untuk beriklan. Baik itu dari sisi demografi (termasuk usia dan jenis kelamin), minat, termasuk aplikasi yang mereka gunakan dan akun lain yang mereka ikuti, perilaku konsumen. Cari tahu sedetail-detailnya.  

2/ Tentukan Target Lokasi, Anda ingin mencari konsumen dari area yang spesifik? Tentukan dalam target iklan Anda. Misal, pengguna dalam lingkup area sekitar lingkungan tempat tinggal Anda. Atau sebaliknya, jika Anda ingin melebarkan pasar ke luar negeri, Anda bisa jangkau dengan menargetkan ke kota, atau negara yang diinginkan.

3/ Jalankan beberapa iklan sekaligus jika anggaran Anda memungkinkan. Anda bisa merilis iklan secara bersamaan dengan beberapa konsep yang berbeda, untuk tujuan yang berbeda-beda, agar lebih mengoptimalkan pesan Anda.

4/ Jika Anda menggunakan video, sertakan teks caption. Sebanyak enam puluh sembilan persen orang menonton video tanpa suara saat berada di ruang publik.

5/ Ukur hasil iklan Anda dan ulangi. Dari hasil Insights, Anda bisa mempelajari mana saja iklan yang menuai keberhasilan. Anda pun bisa mengulangi konten yang sudah terbukti berhasil itu untuk beriklan hingga beberapa kali. Apabila iklan Anda dalam format video, ingat ‘rule 3 detik’. Pengguna Instagram melihat beranda mereka dengan singkat, sehingga konten yang tidak menarik perhatian akan dilewati begitu saja. Agar dapat menarik perhatian, maka video yang Anda gunakan harus bisa menarik pengguna Instagram dalam 3 detik pertama. Misalnya, dengan menampilkan gambar yang menyolok atau frame-frame yang cepat di awal agar teks konten terbaca dan pemirsa bertahan untuk menonton video Anda sampai akhir. 

6/ Lulus Uji Kebijakan Instagram.  Iklan yang ingin Anda tampilkan harus lulus uji Instagram Ads Policy, yang tidak jauh berbeda dengan kebijakan yang terdapat di iklan Facebook. Bilamana Anda mengalami penolakan, Anda bisa cek alasan penolakan tersebut dari e-mail yang dikirim oleh Instagram untuk mencari tahu. Jika Anda tidak merasa ada aturan yang dilanggar, Anda bisa mengajukan appeal atau banding untuk di-review kembali.

7/ Optimalkan landing page dari tautan ke halaman web, jika tujuan iklan Anda untuk brand awareness dan mengenalkan konsumen pada informasi yang lebih mendetail tentang produk atau promosi Anda. Di situ Anda bisa menambahkan testimoni maupun review dari pelanggan, tutorial, info lengkap, dan sebagainya. 

8/ Sertakan ajakan untuk bertindak (call to action). Anda bisa mengarahkan agar pemirsa mengklik halaman website, akun bisnis WA atau Direct Messages untuk berkomunikasi lebih lanjut, atau marketplace tempat Anda berjualan bagi pemirsa yang langsung ingin bertransaksi dan membeli produk Anda. 

9/ Buat Hashtag Khusus untuk merek atau kampanye Anda sendiri. Cara ini dapat menjadi cara yang efektif untuk membuat orang ingat akan merek Anda, meningkatkan keterlibatan, menjangkau pemirsa baru, dan meningkatkan jumlah follower Anda.

10/ Berapa bujet yang pas? Ada banyak faktor yang menentukan sebuah iklan efektif atau tidak. Biaya yang terlalu minim bisa jadi kurang maksimal untuk menjangkau pemirsa yang tepat. Instagram Ads memberikan warning jika bujet Anda terlalu kecil untuk jangkauan yang Anda inginkan. Anda bisa meningkatkannya secara bertahap. Durasi waktu beriklan juga berpengaruh terhadap efektivitas iklan, iklan sebaiknya jangan terlalu pendek jangka waktunya. Semakin lama durasi iklan berjalan, akan lebih baik. Sistem di Instagram umumnya memerlukan waktu 7-14 hari. 

Ingatlah bahwa
visual adalah kuncinya. Buatlah konten iklan sekreatif dan semenarik mungkin, baik itu dalam format foto maupun video. Terapkan elemen-elemen dalam fotografi untuk memaksimalkan hasil foto Anda. 

Untuk diketahui, sejak tahun 2019, Wanita Wirausaha Femina telah bekerjasama dengan Facebook #SheMeansBusiness menggelar workshop untuk UMKM wanita di kota-kota di Indonesia. Sejak tahun lalu, mengikuti kondisi masyarakat, workshop offline tersebut berpindah platform, dilaksanakan di ruang digital lewat Facebook Live di Facebook Page Wanita Wirausaha Femina.

Diharapkan melalui berbagai talkshow virtual yang diadakan dengan menghadirkan sejumlah pembicara inspiratif ini, dapat memberikan pengetahuan, jaringan, keterampilan serta teknologi yang dibutuhkan para wanita wirausaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka. 

Dan Anda pun bisa mendapatkan keistimewaan untuk bergabung di Facebook Group Wanwir Mahir Digital, dimana menjadi wadah bagi wanita wirausaha untuk berjejaring dan mendapatkan ilmu-ilmu digital marketing baru guna mengembangkan bisnis lebih besar lagi. Ayo segera gabung di FB Group Wanwir Mahir Digital, caranya:

1. Klik link https://www.facebook.com/groups/wanwirmahirdigital/ 
2. Klik permintaan JOIN GROUP
3. Lalu ISI DATA USAHA yang diminta (wajib diisi)
4. Klik Setuju (Agree) rules admin
5. Tunggu approval dari Admin Femina
(f) 


Baca Juga: 
Tingkatkan Peluang Usaha di Pasar Global dengan Facebook Shop
Lima Tahun Facebook #SheMeansBusiness Berdayakan 28.000 Wanita Wirausaha di Indonesia
Trik Agar Facebook Shop Lebih Menarik bagi Calon Konsumen
 



Topic

#instagram, #Facebook, #digitalmarketing, #onlinetraining, #shemeansbusiness, #wanwir

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?