Money
Gemar Belanja Online, Ini 5 Tip yang Perlu Anda Ketahui Agar Belanja Aman

23 Apr 2018


Dok: Pexels
 

Bulan April merupakan bulan konsumen nasional. Peringatan Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada tanggal 20 April menjadi ajang untuk kembali mengedukasi konsumen Indonesia tentang hak dan kewajiban mereka. 

Hingga saat ini masalah perlindungan konsumen di Indonesia masih lemah. Masih banyak masyarakat yang belum paham tentang hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Padahal setiap konsumen memiliki hak dan kewajiban yang bisa diperjuangkan karena dilindungi oleh pemerintah, yang mengacu pada Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Apalagi kini di era digital, pemanfaatan internet atau digital semakin meluas termasuk belanja online. Kemudahan yang diberikan, cepat dan efisien dengan beragam promo menarik menjadi daya tarik belanja online yang sulit ditolak oleh sebagian masyarakat. Meski begitu, kekhawatiran tetap ada ketika seseorang memilih untuk berbelanja online.

Agar pengalaman belanja online Anda menyenangkan, jadilah kosnumen cerdas. Berikut tip dari Rieka Handayani, Head of Public Relation blanja.com agar belanja online lebih aman dan nyaman.

1/ Pilih Situs Belanja Online Terpercaya
Kredibilitas dan sistem keamanan situs belanja online menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan berbelanja.

Lakukan riset terlebih dahulu terhadap situs tersebut dan pastikan ada nomor kontak customer services yang bisa dihubungi. Hal ini akan mempermudah konsumen untuk melakukan pengaduan jika terdapat keluhan.

2/ Membeli Produk Asli Indonesia
Membeli produk asli Indonesia, sama dengan konsumen membantu perekonomian Indonesia. Produk lokal karya UKM asli Indonesia adalah penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar untuk negara.

Ketika para pelaku UKM serta produk asli Indonesia semakin berkembang maka perekonomian Indonesia bisa semakin maju.

3/ Kritis dan Teliti Membaca Kebijakan Situs Belanja Online
Setiap marketplace atau platform belanja online memiliki kebijakan yang berbeda-beda untuk setiap penawaran. Bacalah syarat dan ketentuan atau kebijakan yang berlaku di suatu situs e-commerce dengan teliti.

Jangan lupa untuk membaca detail deskripsi produk agar terhindar dari salah pilih produk.

4/ Jangan Malu Bertanya Pada Penjual
Sudah membaca detail produk tapi masih kurang jelas? Konsumen bisa memanfaatkan beberapa fitur yang disediakan marketplace untuk menghubungi penjual seperti fitur chat.

Hal ini akan membantu calon konsumen mendapatkan informasi sejelas mungkin sehingga terhindar dari keluhan produk tidak sesuai.

5/ Cek Review Produk & Reputasi Toko
Sebelum memutuskan untuk membeli, tidak ada salahnya melihat ulasan dari pembeli terdahulu dan reputasi dari toko yang akan beli produknya.

Beberapa konsumen sebelumnya pasti sudah memberikan ulasan tentang berbelanja di toko online tersebut. Dari sana, konsumen bisa mengetahui kepuasan pembeli terhadap toko online tersebut mulai dari barang yang dijual hingga pelayanannya. (f)



Faunda Liswijayanti


Topic

#tipkeuangan

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.