Money
Belajar Finansial dari 5 Film Hollywood

19 Apr 2017




 
5/ Billions (2016)
Bobby Axelrod (Damian Lewis), pendiri perusahaan sekuritas Axe Capital, dikenal sebagai konglomerat dermawan dan punya koneksi luas. Kliennya terdiri atas para orang penting di New York, dari pejabat polisi sampai kalangan elite. Di sisi lain, jaksa penuntut umum Chuck Rhoades (Paul Giamatti) yakin bahwa
Bobby menggunakan segala cara untuk membesarkan bisnisnya. Ia pun menyiapkan investigasi untuk mengungkap dan menjerat Axe Capital. Serial ini mengulik cara kerja sebuah perusahaan investasi raksasa. Benarkah mereka bersih? Trik kotor apa saja yang dimainkan, dan apakah itu melanggar hukum?

Belajar soal Insider Trading
Menurut Chuck Rhoades, salah satu kejahatan Bobby adalah membiarkan insider trading yang dilakukan para manajernya. Insider trading adalah aktivitas perdagangan saham ataupun sekuritas tertentu oleh individu yang mempunyai akses tentang informasi nonpublik dari perusahaan tersebut. Dengan kata lain, investor mendapat informasi dari orang dalam. Investor membeli saham lebih awal dari pihak lain karena memperoleh privilege informasi terbaru mengenai prospek saham, termasuk juga investor melakukan penjualan atas saham disebabkan adanya informasi, sehingga membuat harga saham tersebut mengalami penurunan. Berbekal informasi ini, investor bisa mendapatkan keuntungan besar, sementara jika saham turun, investor bisa terhindar dari kerugian yang besar.
Insider trading disebut juga kejahatan kerah putih (white collar crime) yang umum ditemui di banyak negara. Praktik ini dianggap membahayakan mekanisme pasar, karena mengakibatkan harga menjadi tidak wajar karena kurangnya informasi tentang keadaan yang sebenarnya. (f)

Baca juga:
Istilah Investasi di Bursa Saham
Mengenal Risiko Berinvestasi Reksa Dana
Lawan Kebiasaan Boros dengan Menabung


Topic

#filmdrama

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?