Money
Ajarkan ART Kelola Uang Belanja

18 Oct 2018


Foto: Dok. Pexels


Jika Anda bekerja full time, mau tak mau Anda harus memercayakan urusan keuangan untuk kebutuhan sehari-hari kepada asisten rumah tangga. 

Tidak perlu was-was. Memberikan tanggung jawab keuangan rumah pada asisten rumah tangga sebenarnya bisa mengurangi beban Anda. Asalkan Anda mempersiapkan ART untuk mengelola keuangan dengan benar.

Agar mereka pintar mengelolanya, ajarkan hal-hal berikut ini:

1/ Berikan mereka anggaran yang mudah untuk diikuti. Mulailah dengan membagi anggaran per minggu. Misal, anggaran untuk berbelanja bahan makanan di tukang sayur atau pasar tradisional. Ada baiknya Anda sudah menyusun menu mingguan, sehingga bahan makanan apa saja yang perlu dibeli bisa lebih mudah dibuat daftarnya.

2/ Biasakan ART mencatat tiap pengeluaran dan melaporkannya kepada Anda. Cara ini mengajarkan mereka untuk menumbuhkan kepercayaan sekaligus pengelolaan keuangan.

3/ Jika kedua hal tersebut berjalan lancar, ajarkan mereka untuk berbelanja kebutuhan bulanan di supermarket secara mandiri. Anda bisa membekalinya dengan uang tunai atau smart card. (f)


Baca Juga: 

Ikuti 9 Tip Berikut untuk Menghemat Uang Belanja
10 Trik Agar Bisa Menabung
7 Tip Hemat Bensin Saat Mengendarai Mobil
 

 


Faunda Liswijayanti


Topic

#keuangan, #uangbelanja

 

polling
Resolusi 2019

Prioritas yang ingin dicapai tahun iniSudah masuk tahun 2019, nih. Tentu sudah ada rencana dan resolusi yang ingin Anda capai.