Money
5 Langkah Strategis Agar Toko di Instagram Ramai dan Laris

2 Aug 2021

Toko Instagram
Foto: Shutterstock


Instagram saat ini merupakah salah satu platform digital yang disukai oleh pelaku usaha, dari merek besar hingga UMKM. Wajar saja. Survei hasil kerjasama We Are Sosial dan Hootsuite terbaru 2021 menyebutkan setiap bulannya Instagram digunakan oleh lebih dari satu triliun orang. Berdasarkan survei yang sama, di Indonesia sendiri, pengguna Instagram mencapai angka 85 juta orang. Artinya, potensi pasarnya pun besar.

Sayangnya masih banyak orang yang menawarkan produk atau jasa, menggunakan akun pribadi. “Menurut survei Facebook, lebih dari 50% pengguna Instagram belum beralih ke akun bisnis dan masih berjualan di akun pribadi,” ujar Rono Jatmiko, trainer dalam Online Training Digital Marketing Angkatan 3, Sesi 3: Optimalkan Instagram Bisnis Untuk Penjualan. Acara ini merupakan kolaborasi Wanita Wirausaha Femina dengan Facebook #Shemeansbusiness dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tahun 2021, angkatan ke 3.

Padahal menurut survei yang sama disebutkan 81% pengguna memanfaatkan Instagram untuk mencari produk atau jasa. Sebuah alasan bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan potensi ini. Tapi tentu saja bukan Anda sendiri yang berpikir demikian. Bagaimana agar produk atau jasa Anda lebih dikenal dan menarik banyak konsumen? 

1/ Beralih ke Akun Bisnis
Langkah pertama yang perlu pelaku usaha lakukan adalah membuat akun Instagram bisnis atau jika ‘toko’ Anda sudah ada, saatnya untuk diubah menjadi akun profesional.

“Anda bisa mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis dengan sangat mudah. Tinggal lakukan pengaturan pada fitur profil. Klik beralih ke akun profesional. Lanjutkan dengan menentukan kategori bisnis Anda. Pilih Anda sebagai bisnis atau content creator. Isi kontak halaman yang ingin ditampilkan. Selanjutnya, lengkapi profil usaha Anda seperti biografi berupa keterangan produk atau jasa yang Anda tawarkan, serta logo sebagai foto profil dan biografi,” ujar Rono.


2/ Siapkan strategi konten
Instagram menggunakan kekuatan foto dan video untuk menggerakkan emosi seseorang dan mendorongnya untuk belanja. Jadi pastikan Anda meluangkan waktu dan mengusahakan membuat foto atau video yang menarik. “Jika Anda pelaku usaha kuliner, buat gambar atau video yang menggugah selera. Tak harus selalu bentuk produk, variasikan dengan foto atau video yang memperlihatkan ekspresi orang saat menikmati produk Anda. Bisa juga cerita tentang proses pembuatannya di dapur. Semakin banyak variasi, semakin tidak membosankan bagi pemirsa.”

Begitu juga pemilik bisnis fashion dan aksesori. Selain menampilkan produk yang ditata secara baik dan menarik, Anda bisa menggunakan model yang mengenakan produk. Tak harus selebritas atau model profesional, Anda sah-sah saja menampilkan orang-orang biasa, teman, atau keluarga sebagai model. Tentu saja dengan gaya yang disesuaikan dengan kesan yang ingin Anda sampaikan pada pemirsa. 

Bagaimana dengan jasa yang tidak ada produknya? Menurut Rono, jasa biasanya menjual pengetahuan, karena itu ia menyarankan untuk membuat konten berupa infografis dan tip. “Belakangan konsel carousel, yaitu tip dan informasi yang ditampilkan dalam beberapa slide disukai. Saat ini orang senang mendapat info yang bisa ia lahap dalam hitungan detik atau beberapa slide saja." 



3/ Konsistensi
Tak hanya mengunggah gambar atau video secara teratur dan terus menerus, konsistensi tampilan Instagram bisnis juga harus diperhatikan. Saat membuat akun bisnis, Anda perlu memikirkan konsep warna agar enak dan menarik dilihat.  Gunakan konsep warna atau tampilan gaya pada Instagram bisnis itu secara konsisten. Misal, gunakan filter warna atau desain yang senada pada setiap unggahan.


4/ Mainkan hashtag
Hashtags atau tagar ikut memengaruhi algoritma Instagram. Ia memudahkan orang untuk menemukan unggahan Anda saat melakukan pencarian dengan menggunakan tagar. Rono menyarankan untuk menggunakan tagar yang umum dengan jumlah antara 10 – 11 tagar. Itu merupakan jumlah yang optimal, tidak terlalu banyak sehingga mengganggu dan tidak terlalu sedikit untuk membantu algoritma Instagram memunculkan unggahan Anda dalam explore.


5/ Perhatikan Insight
Keuntungan menggunakan akun bisnis adalah Anda akan mendapat informasi terkait akun seperti unggahan mana yang paling disukai dan unggahan apa yang paling banyak dibagikan dan disimpan pemirsa. Berhubung Insight baru bisa diberikan saat pengikut Anda lebih dari seratus, Anda perlu berusaha mendapatkan seratus orang pertama dahulu. Selain konsisten membuat akun yang menarik, Anda bisa mengundang teman dan keluarga. Cara lain, ikuti beberapa pengikut akun bisnis yang mirip dengan bisnis Anda. Harapannya, ia akan tertarik dan mengikuti akun Instagram bisnis Anda. 

Tunggu apalagi. Segera manfaatkan Instagram bisnis. (f)


Baca Juga: 

Tingkatkan Peluang Lebih Dikenal dan Laris Dengan Mempelajari Insight Halaman Bisnis Facebook
Praktis Banget! Satu Aplikasi Untuk Kelola Halaman Bisnis Facebook dan Instagram
7 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Beriklan di Media Sosial


 



Topic

#facebook, #instagram, #shemeansbusiness, #bisnis, #digitalmarketing, #onlinetraining

 


polling
Seberapa Korea Anda?

Hallyu wave atau gelombang Korea masih terus 'mengalir' di Indonesia. Penggemar KDrama, Kpop di Indonesia termasuk salah satu yang paling besar jumlahnya di dunia. Lalu seberapa Korea Anda?